Kamis 03 Sep 2020 14:42 WIB

Jabar Alami Seribu Bencana Sepanjang Januari-Agustus 2020

Sebagian besar bencana di Jabar adalah banjir dan tanah longsor.

Jabar Alami Seribu Bencana Sepanjang Januari-Agustus 2020. Banjir melanda Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.
Foto: Dok PPPA Daarul Quran.
Jabar Alami Seribu Bencana Sepanjang Januari-Agustus 2020. Banjir melanda Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Provinsi Jawa Barat sepanjang Januari hingga Agustus 2020 menghadapi 1.039 bencana alam yang berdampak pada 768.319 warga. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan mengatakan sebagian besar bencana alam yang terjadi selama kurun itu merupakan bencana hidrologi, termasuk banjir dan tanah longsor.

BPBD Jawa Barat mencatat 521 kejadian tanah longsor dari Januari hingga Agustus 2020. Selama pandemi Covid-19, Dani menjelaskan, BPBD menyiapkan penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan penanggulangan bencana alam, termasuk dalam penanganan pengungsi.

Baca Juga

Menurut dia, penyiapan protokol kesehatan dalam penanggulangan bencana utamanya dilakukan di daerah yang rawan banjir seperti daerah pesisir utara Jawa Barat, Bekasi, Subang, Karawang, Tasikmalaya, dan Bandung. Ia mengatakan penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan dalam penanganan dampak bencana banjir pada April 2020 di kawasan selatan Bandung.

"Pengungsian yang biasanya kita pakai dua gedung di Baleendah contohnya, saat pandemi ini jadi empat gedung yang dipakai. Bahkan kami mendirikan tenda-tenda tambahan supaya protokol kesehatan tetap dijalankan," katanya, Kamis (3/9).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement