Kamis 03 Sep 2020 12:20 WIB

Pilkada Tangsel, Dua Bakal Paslon Tetapkan Waktu Pendaftaran

Partai pengusung paslon sudah tetapkan jadwal pendaftaran mulai 4 hingga 6 September

Rep: Abdurrrahman Rabbani/ Red: Hiru Muhammad
Bakal Calon Wali Kota Tangsel, Muhammad mengklaim telah mengantongi dukungan dari partai PDI dan PSI dalam Pilkada Tangsel 2020, Pondok Cabe Udik, Tangsel, Sabtu (7/3).
Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
Bakal Calon Wali Kota Tangsel, Muhammad mengklaim telah mengantongi dukungan dari partai PDI dan PSI dalam Pilkada Tangsel 2020, Pondok Cabe Udik, Tangsel, Sabtu (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, mulai membuka pendaftaran pasangan bagi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro menjelaskan, sejumlah partai pengusung pasangan calon sudah menetapkan jadwal pendaftaran yang dimulai pada 4 sampai 6 September 2020.

“Kemarin kami sudah melakukan rakor, di situ disampaikan ada yang akan mendaftarkan bakal calonnya pada tanggal 4 September. Hari pertama pembukaan pendaftaran," ujarnya dalam keterangan Kamis (3/9).

Bambang mengungkapkan, bakal pasangan calon Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo akan mendaftar ke KPU pada 4 September 2020. Mereka diusulkan Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, PAN, Hanura. "Di hari pertama pembukaan pendaftaran, direncanakan pukul 14.00 WIB tanggal 4 September pasangan calon Muhamad-Saraswati,” kata dia.

Sementara Siti Nur Azizah Ma'ruf dan Ruhamaben yang diusulkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat dan PKB berencana melakukan pendaftaran pada 5 September 2020. Namun untuk waktunya belum diketahui. “Daftar Sabtu siang. Tetapi belum disebutkan kepastian jamnya, mereka hanya menyampaikan akan datang Sabtu siang setelah dzuhur," ungkapnya.

Untuk bakal pasangan calon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, sampai saat ini belum menyatakan waktu pendaftaran kepada KPU Tangsel. Namun pihak partai pengusul bakal pasangan calon akan berkoordinasi dengan KPU satu hari sebelum melakukan pendaftaran."Pasangan calon yang satu lagi dari Golkar belum menentukan waktu. Tapi nanti akan berkoodinasi sama KPU sehari sebelum pendaftaran," katanya.

Sementara Komisioner KPU divisi teknis, Achmad Mujahid Zein membenarkan jika di hari pertama pendaftaran dilakukan oleh pasangan calon Muhamad-Saraswati. Dilanjutkan dengan pasangan bakal calon Siti Nur Azizah-Ruhama Ben keesokan harinya pada tanggal 5 September 2020.

“Pertama PDIP dan Gerindra serta Hanura yang hadir bahwa pasangan calon Muhamad - Saraswati akan mendaftar pada tanggal 4, lalu dilanjut partai demokrat, PKS dan PKB pasangan calon Siti Nur Azizah-Ruhama Ben pada tanggal 5 September,” ujarnya.

Lebih lanjut, panitia penyelenggara pemilu yang akan menerima pendaftaran bacalon mewajibkan bagi setiap kandidat pasangan calon untuk menyertakan surat keterangan resmi dari rumah sakit. Demi memastikan pihak yang hadir saat pendaftaran bebas atau negatif Covid-19."Untuk realtime reverse- transcriptase polymerase chain reaction (RT PCR), pasangan calon itu nanti diserahkan pada saat pendaftaran," katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement