Kamis 03 Sep 2020 10:43 WIB

Kelurahan Krendang Gagas Pojok Belajar Online

Pojok Belajar Online yang digagas ini merupakan swadaya dari Karang Taruna Krendang

Rep: Akhmad Nursyeha/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah siswa melakukan pembelajaran secara online
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sejumlah siswa melakukan pembelajaran secara online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelurahan Krendang, Tambora, Jakarta Barat menyediakan Pojok Belajar Online untuk membantu para pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19. Pojok Belajar Online yang digagas ini merupakan swadaya dari Karang Taruna Kelurahan Krendang.

Lurah Krendang, Al Barkah mengatakan, Pojok Belajar Online bukan bagian dari program JakWIFI. Pojok Belajar Online merupakan inisiatif dari Karang Taruna Krendang yang ingin membantu atasi kendala sistem PJJ selama pandemi Covid-19.

"Ini inisiatif karang taruna, baru mulai diaktifkan Rabu (2/9) kemarin," kata Barkah saat dikonfirmasi, Kamis (3/9) pagi WIB.

Setiap sesinya, kata Barkah, Pojok Belajar Online dapat menampung 10 pelajar untuk memakai WiFi gratis. Setiap pelajar yang datang ke lokasi Pojok Belajar Online wajib didampingi oleh orang tua.

Barkah mengaku pihaknya sudah mengajukan permohonan pemasangan JakWIFI yang diinisiasi oleh Dinas Kominfotik DKI Jakarta. Hal itu untuk mengatasi kekurangan ketersediaan wifi gratis karena Krendang merupakan wilayah padat penduduk.

Total ada delapan titik di Krendang yang diajukan untuk pemasangan WiFi. "Yang dikabulkan saat ini baru satu titik di RW 02. Saat ini tengah proses pemasangan," ujar Barkah.

Barkah berharap setiap RW di Krendang dapat dipasangi WiFi gratis. Hal itu mengingat lokasi Krendang yang padat penduduk dan dihuni oleh kalangan menengah ke bawah.

"Maunya sih kalau dari kami, semua RW ada WiFi gratis agar semua warga kebagian," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement