Rabu 02 Sep 2020 20:22 WIB

Kiprah Pemain Belanda di MU, Banyak Sukses Ada yang Gagal

Donny Van de Beek jadi pemain ke-13 asal Belanda yang direkrut Manchester United.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Donny van de Beek
Foto: EPA-EFE/WILL OLIVER
Donny van de Beek

REPUBLIKA.CO.ID,  MANCHESTER -- Gelandang Ajax Donny van de Beek selangkah lagi bergabung ke Manchester United. Ia akan jadi pembelian besar pertama pelatih Ole Gunnar Solskjaer pada bursa transfer musim panas ini. Pemain berusia 23 tahun itu akan pindah ke Liga Primer Inggris setelah ditebus senilai 40 juta poundsterling (Rp 792 miliar). Solskjaer berharap kehadiran Van de Beek membuat lini tengah United makin ditakuti karena sebelumnya sudah ada Bruno Fernandes dan Paul Pogba. 

Van de Beek bakal jadi pemain ke-13 asal Belanda yang direkrut Setan Merah dalam sejarah klub. Ke-12 pendahulunya punya nasib yang berbeda-beda selama berkarier di Old Trafford. Berikut catatan kiprah pemain asal Belanda di Old Trafford, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (2/9):

Baca Juga

Arnold Muhren

Ia mungkin jadi pemain paling dikenal karena assistnya untuk gol epik Marco Van Basten lawan Uni Soviet di Piala Eropa 1988. Namun, Arnold juga punya karier sukses di Inggris. Setahun setelah memenangkan Piala UEFA bersama Ipswich Town pada 1981, Muhren bergabung ke Manchester United dan menghabiskan waktu tiga tahun di Old Trafford.

Ia jadi pemain inti saat United mengalahkan Brighton di final Piala FA 1983 di Wembley, dan mencetak penalti dalam pertandingan ulangan. Momen itu jadi puncak kariernya di United, setelah tak dimainkan dalam final 1985 melawan Everton.

Jordi Cruyff

Fan Manchester United menyambut baik datangnya anak legenda Belanda Johan Cruyff dari Barcelona pada 1996. Namun, kariernya dirusak oleh cedera. Perjalanannya di Inggris dimulai dengan gemilang, namun rusak setelah cedera lutut pada November 1996.

Saat pulih, ia jadi figuran dalam kesuksesan United meraih treble pada 1998/99. Sayang, jelang trofi Liga Champions digenggam, Jordi dipinjamkan ke Celta Vigo.

photo
Jordi Cruyff - (EPA-EFE/Marco Pin)

Raimond Van Der Gouw

Kiper asal Belanda ini memang hanya jadi pelapis Peter Schmeichel. Namun, Van Der Gouw memainkan peran kunci dalam beberapa kesuksesan MU. Ia tampil mengesankan saat main di semifinal Liga Champions 1997 melawan Borussia Dortmund, dan perempatfinal 1998 lawan Juventus. Ia juga jadi pilihan utama ketika United memenangkan Liga Primer Inggris pada tahun 2000.

Jaap Stam

Stam jadi pemain termahal dalam sejarah Belanda ketika bergabung ke United seharga 10,7 juta poundsterling pada 1998. Namun harga tersebut sebanding dengan kesuksesannya jadi benteng MU. Bek tengah itu jadi momok buat penyerang tim lawan, dan jadi bagian penting saat MU meraih treble winners pada 1999. Ia juga memenangkan dua gelar Liga Inggris di Old Trafford. Namun, ia dijual oleh seharga 16 juta pound, setelah berselisih dengan Sir Alex Ferguson.

photo
Jaap Stam - (AP/Jon Super)

Ruud van Nistelrooy

Penyerang yang satu ini memang sangat identik dengan Manchester United. Bagaimana tidak, ia mencetak 20 gol atau lebih di Liga Inggris dalam empat dari lima musimnya di Old Trafford. Ia menyumbangkan satu gelar liga, satu Piala FA dan satu Piala Liga, sebelum akhirnya pindah ke Real Madrid.

Edwin Van Der Sar

Van Der Sar baru bergabung...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement