Rabu 02 Sep 2020 19:38 WIB

720 Bioskop AS Putar Ulang Film '42' Kenang Chadwick Boseman

Film '42' merupakan biografi atlet baseball Jackie Robinson yang diperankan Boseman.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Film biografi atlet baseball Jackie Robinson yang dibintangi Chadwick Boseman akan kembali diputar di 720 lokasi bioskop di Amerika Serikat (AS) (Foto: Chadwick Boseman)
Foto: Reuters
Film biografi atlet baseball Jackie Robinson yang dibintangi Chadwick Boseman akan kembali diputar di 720 lokasi bioskop di Amerika Serikat (AS) (Foto: Chadwick Boseman)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film biografi atlet baseball Jackie Robinson yang dibintangi Chadwick Boseman akan kembali diputar di 720 lokasi bioskop di Amerika Serikat (AS). Pemutaran ulang film yang rilis pada 2013 lalu ini merupakan bentuk penghargaan untuk Boseman yang baru saja menutup usia pada 28 Agustus 2020 lalu akibat kanker.

Sebanyak 740 lokasi yang akan menayangkan film 42 terdiri dari beragam jejaring bioskop besar di AS. Beberapa di antarnaya adalah Regal, Cinemark, Alamo Drafthouse, Marcus, Harkins, dan AMC.

Baca Juga

Seperti dilansir Forbes, Rabu (2/9), film ini telah menjadi box office yang menuai pujian saat dirilis. Film arahan Brian Helgeland ini diproduksi dengan biaya 40 juta dolar AS atau sekitar Rp 591,7 miliar dan berhasil meraup keuntungan sebesar 97,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Boseman masih berusia 35 tahun ketika memerankan sosok Robinson dalam film 42. Robinson merupakan orang berkulit hitam pertama yang bermain dalam Major League Baseball. Boseman menutup usia tepat di Hari Peringatan Jackie Robinson yang dirayakan setiap tahun oleh MLB.

Seperti dilansir Variety, tiket untuk menonton 42 di AMC akan mendapatkan potongan harga menjadi 5 dolar AS atau sekitar Rp 73 ribu. Tiket dengan potongan harga ini sudah dijual pada penghujung Selasa kemarin.

Senin lalu, Harrison Ford yang juga tampil dalam film 42 menyampaikan kesannya mengenai Boseman. Menurut Ford, Boseman merupakan aktor yang menarik, kuat, dan jujur seperti karakter yang dia mainkan dalam film tersebut.

"Kecerdasan, keluhuran pribadi, dan komitmen mendalamnya telah menginspirasi rekan-rekannya serta meningkatkan cerita yang dia sampaikan," jelas Ford.

Jackie Robinson Foundation juga memuji komitmen Boseman dalam memainkan karakter Robinson. Boseman dinilai tak hanya berlaku profesional sebagai seorang aktor, tetapi dia juga menjiwai setiap bagian dari film.

"dan membantu menafsirkan jiwa dari seorang pahlawan Amerika," tukas Jackie Robinson Foundation.

Sepanjang kariernya, Boseman kerap memerankan ikon-ikon orang berkulit hitam. Dalam film Get on Up misalnya, sang aktor memerankan penyanyi James Brown. Boseman juga memerankan sosok hakim agung berkulit hitam pertama Thurgood Marshall dalam film Marshall.

Yang tak kalah populer, Boseman memerankan karakter pahlawan berkulit hitam pertama dalam film pahlawan super Black Panther dari Marvel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement