Kamis 03 Sep 2020 02:11 WIB

Hongaria Catat Rekor Covid-19 Harian Saat Tahun Ajaran Baru

Hongaria pada Rabu mencatat 365 kasus baru Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST - Pemerintah Hongaria pada Rabu mengatakan telah mencatat 365 kasus baru Covid-19, rekor kasus harian tertinggi, saat masyarakat kembali dari liburan musim panas dan tahun ajaran sekolah dimulai.

Negara berpenduduk sekitar 10 juta jiwa itu berhasil melalui gelombang pertama pandemi Covid-19 awal tahun ini, dengan infeksi yang lebih sedikit dibanding banyak negara lain di Eropa. Hingga Rabu Hongaria melaporkan total 6.622 kasus dengan 619 kematian akibat Covid-19.

Baca Juga

Namun meski sebagian besar pasien Covid-19 telah sembuh, jumlah kasus aktif meningkat selama sepekan terakhir atau lebih dari ratusan menjadi 2.100 pada Rabu. Para pakar memperingatkan lonjakan infeksi dalam beberapa pekan ke depan saat sekolah kembali dibuka.

Pemerintah Perdana Menteri Viktor Orban menutup perbatasan bagi pengunjung asing, meski pihaknya telah mengecualikan larangan masuk bagi warga dari tiga negara tetangga Eropa tengah yakni Republik Ceko, Polandia, dan Slovakia asalkan sebelumnya mereka dinyatakan negatif virus corona.

Uni Eropa, yang menekankan aturan sama bagi seluruh warga Uni Eropa yang melintasi perbatasan internal, menyebut langkah tersebut bersifat diskriminatif dan oleh karena itu ilegal.

Langkah Hongaria untuk menutup perbatasan juga mendorong peninjauan dari pihak UEFA, yang berencana menggelar Piala Super dengan penonton stadion di Budapest, laga internasional pertama sejak awal pandemi, pada 24 September.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement