Rabu 02 Sep 2020 16:25 WIB

Menristek: Mutasi Corona tidak Ganggu Pengembangan Vaksin

Menristek sebut pengembangan vaksin Merah Putih tidak terganggu mutasi corona D614G

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengenakan jas laboratorium saat kunjungan kerja di Gedung Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengenakan jas laboratorium saat kunjungan kerja di Gedung Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan bahwa mutasi D614G pada virus coronatipe SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tidak akan mengganggu upaya pengembangan vaksin untuk menangkal penyakit tersebut. Bambang mengungkapkan itu pada konferensi pers virtual Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Rabu (2/9).

"Pengaruh dari D614G ini pada intinya tidak akan mengganggu upaya pengembangan vaksin karena mutasi ini tidak menyebabkan perubahan struktur maupun fungsi dari RBD, receptor-binding domain, yang merupakan bagian dari virus spike yang dijadikan target vaksin," kata Bambang.

"Jadi, artinya upaya pengembangan vaksin Merah Putih maupun vaksin di luar tidak akan terganggu dengan keberadaan mutasi D614G ini," ia menambahkan.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio mengatakan bahwa mutasi memang menyebabkan perubahan pada protein spikevirus coronatipe SARS-CoV-2, namun tidak sampai mengganggu RBDvirus yang menjadi sasaran vaksin.

"Perubahan yang disebabkan karena mutasi ini walaupun terjadi pada spike protein tapi pada lokasi yang berbeda sehingga receptor-binding domain ini tidak terganggu dan selama vaksin ini ditujukan terhadap RBD maka tidak akan mengganggu kinerja vaksin," katanya.

Bambang mengingatkan masyarakat agar tidak panik berlebihan karena informasi mengenai mutasi yang terjadi pada virus corona, namun tetap waspada penuh dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement