Rabu 02 Sep 2020 12:21 WIB

Damkar Tambora Gelar Pelatihan Evakuasi Korban Tenggelam

Damkar tak hanya fokus tangani kebakaran, juga siap bantu masyarakat di segala hal.

Rep: Akhmad Nursyeha/ Red: Bilal Ramadhan
Pemadam Kebakaran Sektor Tambora gelar pelatihan keterampilan anggota dalam mengevakuasi korban tenggelam maupun korban banjir, Rabu (2/9).
Foto: Damkar Tamboran
Pemadam Kebakaran Sektor Tambora gelar pelatihan keterampilan anggota dalam mengevakuasi korban tenggelam maupun korban banjir, Rabu (2/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan anggota Pemadam Kebakaran Sektor Tambora, Jakarta Barat mendayung perahu karet di Waduk Grogol, Jakarta Barat, Rabu (2/9) pagi WIB. Hal itu dilakukan untuk pelatihan keterampilan anggota dalam mengevakuasi korban tenggelam maupun korban banjir.

Latihan itu dimulai sejak Senin (31/8) kemarin hingga hari ini, setiap pagi dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. puluhan anggota Damkar itu menyusuri Waduk Grogol dengan mendayung perahu karet dan melakukan simulasi latihan penyelamatan korban tenggelam.

"Ada 43 anggota yang mengikuti pelatihan ini yang tujuannya untuk menambah keterampilan anggota, khususnya dalam mengevakuasi orang tenggelam maupun mengevakuasi korban banjir," kata Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran Jakarta Barat, Eko Sumarno saat dihubungi, Rabu (2/9).

Diketahui, di wilayah Tambora, tepatnya di aliran Kanal Banjir Barat (KBB) sering adanya korban tenggelam yang membutuhkan petugas damkar dan tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet.

Dalam pelatihan tersebut, Eko memastikan kegiatan pelatihan yang dilakukan tidak menggunakan anggaran dan murni swadaya dari Pemadaman Kebakaran Sektor Tambora.

"Kegiatan ini non anggaran, murni swadaya Kasie Sektor Tambora yang ingin anggota lebih terampil. Karena kita tahu petugas damkar saat ini tak hanya fokus menangani kebakaran, namun juga siap sedia membantu masyarakat di segala hal," ujar Eko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement