Rabu 02 Sep 2020 07:57 WIB

Inilah Dua Nama yang Paling Dicintai Allah

Kelak pada hari kiamat semua akan dipanggil sesuai namanya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Inilah Dua Nama yang Paling Dicintai Allah
Foto: SYIFA YULINNAS/ANTARA FOTO
Inilah Dua Nama yang Paling Dicintai Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berilah nama-nama yang memiliki arti baik untuk anak-anak. Karena kelak pada hari kiamat semua akan dipanggil sesuai namanya. 

Dari Abu ad-Darda ra. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada hari kiamat kamu sekalian akan dipanggil dengan namamu dan nama ayahmu dan buatlah nama-namamu yang baik." ( HR Imam Abu Dawud dengan Sanad Hasan).

Baca Juga

Dari sekian banyak nama manusia, Allah SWT hanya menyukai dua nama saja. Nama itu adalah Abdullah dan Abdurrahman. 

Dari Ibnu Umar radhiallahu anhu Dia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya nama kamu sekalian yang paling dicintai Allah Azza wa Jalla adalah Abdullah dan Abdurrahman." (HR. Imam Muslim dalam Shahihnya).

photo
Infografis 3 Cara Raih Ampunan Allah di Tahun Baru Hijriyah - (Republika.co.id)

Dari Jabir ra. Dia berkata, ada seseorang dari kami dikarunia anak. Dia memberinya nama Al-Qasim. Kami katakan kepadanya, "Kami tidak akan memanggil kamu dengan kuniyah Abu Qasim dan tidak pula nama kehormatan lainnya." Orang itu memberitahukan hal itu kepada Nabi SAW ketika itu beliau bersabda, "Berilah nama anakmu Abdurrahman." (Muttafaqunalaihi).

Dari Abu Ahmad al-Jusyami, dia berkata Rasulullah SAW bersabda. "Berilah nama dengan nama para nabi. Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman. Nama yang paling benar adalah Harits dan Hammam dan nama yang paling buruk adalah Barb dan Murrah."

Abu Muhammad Ibnu Hazm berkata, "Para ulama sepakat menganggap baik nama-nama yang dikaitkan kepada Allah seperti Abdullah, Abdrrahman dan sejenisnya. Namun, para fuqaha berselisih pendapat tentang nama-nama yang paling disukai Allah.

Menurut jumhur ulama, nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman. Adapun menurut Said bin Musayyib nama yang paling disukai Allah adalah nama para nabi. Namun, hadits shahih menunjukkan nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement