Selasa 01 Sep 2020 21:53 WIB

KAI Daop 8 Surabaya Catat Lonjakan Penumpang Selama Agustus

Jumlah penumpang kereta di Daop 8 Surabaya meningkat dibanding bulan sebelumnya.

Penumpang menaiki Kereta Api Turangga tujuan Surabaya Gubeng di Stasiun Gambir, Jakarta. Ilustrasi
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Penumpang menaiki Kereta Api Turangga tujuan Surabaya Gubeng di Stasiun Gambir, Jakarta. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 292.771 penumpang menggunakan transportasi KA di sejumlah stasiun wilayah setempat pada Agustus 2020. Angka itu meningkat dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 192.057 penumpang.

"Dalam kurun empat bulan terakhir sejak dimulainya adaptasi baru, sejumlah masyarakat memang mulai memanfaatkan transportasi KA, dan kami juga mencatatkan kenaikan terus menerus selama periode empat bulan tersebut," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Selasa (1/9).

Ia menjelaskan rincian catatan kenaikan penumpang pada empat bulan terakhir masing-masing Mei 2020 sebanyak 66.523 penumpang, Juni 120.598 penumpang, Juli 192.057 penumpang, dan Agustus sebanyak 292.771 penumpang.

Suprapto menegaskan meski terjadi peningkatan penumpang, KAI tetap mewajibkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan, tujuannya agar perjalanan kereta api aman, selamat, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan, serta mengantisipasi adanya klaster penumpang.

"Kami telah menyediakan layanan rapid test Covid-19 seharga Rp 85.000 hasil kerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia di tiga stasiun kelas besar Daop 8 Surabaya yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Malang," katanya.

Ketiga stasiun tersebut, kata Suprapto merupakan stasiun pemberangkatan awal bagi pelanggan yang akan naik Kereta Api Jarak Jauh, seperti tujuan Bandung atau Jakarta.

Selain itu para penumpang diharuskan memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Sementara itu stasiun yang berada di wilayah Daop 8 Surabaya meliputi Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Surabaya Kota/Semut, Surabaya Wonokromo, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Malang dan Stasiun Lamongan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement