Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Sediakan Air Bersih, Depok akan Bangun IPA di Dua Wilayah

Selasa 01 Sep 2020 18:52 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Air bersih (ilustrasi)

Air bersih (ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemkot Depok berkomitmen untuk menyediakan air bersih yang cukup bagi masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyediakan air bersih yang cukup bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukan sumber air baku baru agar hal tersebut dapat terwujud dengan berencana membangun dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Cimanggis dan Cinere.

"Kami sudah meminta izin kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (B2WSCC) agar Sungai Pesanggrahan dan Cikeas dapat digunakan menjadi sumber air baku baru bagi masyarakat Depok," ujar Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dody Setiawan di Balai Kota Depok, Senin (31/8).

Menurut Dody, jika kedua sungai tersebut diizinkan, Pemkot Depok akan membangun IPA di Kecamatan Cimanggis dan Cinere. Dengan begitu, dapat memperluas layanan air bersih di wilayah timur dan barat. "Untuk saat ini layanan air bersih masih berpusat di tengah kota karena kami baru memanfaatkan sumber air baku dari Sungai Ciliwung melalui IPA Legong dan IPA Citayam," jelasnya.

Dody menambahkan, guna membangun pipa air dari IPA yang ada ke daerah timur dan barat, memerlukan dana yang sangat besar. Maka, akan lebih efektif membangun IPA di wilayah Cimanggis dan Cinere untuk penyediaan pelayanan air bersih di timur dan barat Kota Depok.

"Membuat IPA di timur dan barat, dengan sumber air baku dari Sungai Pesanggrahan dan Cikeas dapat membuat lebih merata penyaluran air di Kota Depok. Semoga yang kami rencanakan dapat segera terlaksana," harap Dody.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA