Rabu 02 Sep 2020 04:29 WIB

Pulihkan Wisata, Kemenparekraf Dorong Industri MICE

Pelaksanaan ICTM dapat menjadi salah satu motivasi positif Industri MICE Tanah Air

Rep: novita intan/ Red: Hiru Muhammad
Petugas mengamati produk yang dipamerkan saat pameran Kerajinan Mebel dan Batik di kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/7/2020). Pameran yang menampilkan berbagai produk kerajinan UMKM Sleman yang digagas oleh Asosiasi Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Sleman Raya, Koperasi Serayu HIMKI serta Batik Mukti Manunggal itu berlangsung hingga Desember 2020 untuk membangkitkan UMKM yang lesu akibat pandemi COVID-19.
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Petugas mengamati produk yang dipamerkan saat pameran Kerajinan Mebel dan Batik di kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/7/2020). Pameran yang menampilkan berbagai produk kerajinan UMKM Sleman yang digagas oleh Asosiasi Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Sleman Raya, Koperasi Serayu HIMKI serta Batik Mukti Manunggal itu berlangsung hingga Desember 2020 untuk membangkitkan UMKM yang lesu akibat pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan PT Biztrips Teknologi Multimedia Solusi akan menyelenggarakan kegiatan Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakan kembali perekonomian dengan memanfaatkan kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) domestik yang telah mulai aktif kembali. 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan pelaksanaan ICTM dapat menjadi salah satu motivasi positif kepada Industri MICE di Indonesia untuk tetap optimis dan terus produktif pada masa yang tidak menentu saat ini.

"Selain itu juga diharapkan pelaksanaan ICTM dapat menjadi ajang untuk membangun kapasitas dan kapabilitas stakeholders MICE yang terlibat dengan saling berdiskusi dan meningkatkan networking untuk mendapatkan new insights, sehingga dapat saling berkolaborasi dan menjadikan sektor MICE kembali bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE yang aman, nyaman dan memiliki value proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia internasional," ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (1/9).

ICTM merupakan kegiatan business to business untuk corporate travel dan Industri MICE pada masa tatanan kenormalan baru, yang akan diselenggarakan di lima kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta, dan Malang, mulai pertengahan September sampai dengan akhir Desember 2020. 

ICTM akan menampilkan lima program utama antara lain talkshow, seller workshop, buyers meet sellers, buyers exchange forum, gala dinner serta post tour. Pada pelaksanaan tahun ini, fokus utama ICTM akan lebih kepada program business to business yang akan mempertemukan 30 buyers yang merupakan Korporat besar di Indonesia dengan 30 sellers yang merupakan penyedia jasa MICE di Indonesia. 

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan MNC Media sebagai media partner yang bertanggung jawab dalam melakukan peliputan, produksi dan publikasi sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan kegiatan ICTM berlangsung.

Sementara Founder & Event Director, Indonesia Corporate Travel and MICE Johanes Chang menambahkan Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM) dapat menjadi platform yang baik bagi semua key stakeholders untuk saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi kembalinya pertumbuhan ekonomi sektor pariwisata Indonesia.

"Dukungan dan kerja sama dari pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta MNC Media selaku official media partner di Indonesia sangatlah penting dan berarti untuk platform dan program kami, juga bagi seluruh rekan-rekan kami industri," ucapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement