Selasa 01 Sep 2020 17:25 WIB

Yamaha Bidik Ekosistem Motor Listrik India

Yamaha berharap bisa luncurkan motor listrik di India.

Yamaha berharap bisa luncurkan motor listrik di India (Foto: ilustrasi motor Yamaha)
Foto: Pixnio
Yamaha berharap bisa luncurkan motor listrik di India (Foto: ilustrasi motor Yamaha)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan sepeda motor Jepang, Yamaha, mulai membidik India sebagai ekosistem motor listrik. Harapannya, Yamaha bisa meluncurkan motor listrik dalam beberapa tahun ke depan.

Yamaha yang memiliki pabrik di Surajpur, Faridabad dan Chennai berpendapat bahwa kesuksesan penetrasi pasar motor listrik tergantung pada tiga hal, yakni infrastrukur, keterjangkauan produk dan harga, serta model yang sesuai keinginan konsumen. Pihaknya sudah melakukan studi kelayakan (motor listrik) dan mencoba memahami persyaratan pasar serta peta jalan pemerintah. 

Baca Juga

"Kami mungkin memperkenalkan kendaraan listrik di India dalam beberapa tahun mendatang," kata Senior Vice President Yamaha Motor India Sales, Ravinder Singh dilansir kantor berita Press Trust India, Senin (31/8).

Ia menilai, India akan menjadi pasar yang potensial untuk kendaraan listrik. Terlebih, bila negara itu memiliki peta jalan yang jelas.

"India dapat mencapai kesuksesan melalui roadmap yang jelas, kebijakan yang stabil dan perencanaan yang tepat," kata Singh.

Ia menambahkan, tantangan terbesarnya adalah investasi untuk infrastruktur, stasiun pengisian, dan produksi baterai kendaraan listrik. Singh menambahkan, negara-negara di Asia bisa meniru Taiwan dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, yakni memadukan pabrikan global dengan perusahaan nasional. 

Pada tahun lalu, Yamaha telah meluncurkan skuter listrik EC-05 yang menggandeng perusahaan manufaktur lokal Gogoro.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement