Selasa 01 Sep 2020 15:26 WIB

Tantangan Benadryl TikTok Ngetren, Tapi Risikonya Mematikan

Tantangan Benadryl tengah menjadi tren di TikTok.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Aplikasi TikTok. Tantangan Benadryl di TikTok telah merenggut nyawa seorang remaja AS.
Foto: Pixabay
Aplikasi TikTok. Tantangan Benadryl di TikTok telah merenggut nyawa seorang remaja AS.

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW YORK -- "Tantangan Benadryl" menjadi tren berbahaya di aplikasi TikTok yang telah menyebabkan kematian seorang remaja Oklahoma, Amerika Serikat berusia 15 tahun pada pekan lalu. Di samping itu, setidaknya ada tiga remaja Texas dirawat inap pada bulan Mei akibat mengikuti tantangan yang sama.

Tantangan mematikan ini membujuk peserta untuk minum beberapa dosis obat antihistamin yang dijual bebas, seperti diphenhydramine (Benadryl) sampai-sampai, orang tersebut tersandung atau berhalusinasi. Ahli kesehatan menyebut, tantangan Benadryl berbahaya dan berpotensi mematikan

Baca Juga

"Tantangan Benadryl mungkin terlihat menyenangkan, tapi bisa mematikan," kata dr Adam Berman, dokter kedokteran emergensi dan toksikologi di Northwell Health/Long Island Jewish Medical Center dilansir Fox News, Selasa (1/9).

Menurut Berman, dalam dosis normal, Benadryl aman. Namun, jika melebihi dosis, Benadryl dapat menyebabkan jantung berdetak tidak teratur, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jantung berhenti berdetak. Obat ini juga bisa menyebabkan kejang dan rasa kantuk yang ekstrem, yang bisa berakibat fatal jika digabungkan.

Obat antihistamin Benadryl dijual bebas dan umum digunakan untuk mengobati alergi dan reaksi alergi. Kelly Johnson-Arbor, direktur medis di National Capital Poison Center, mengatakan, meskipun tersedia tanpa resep dan umumnya aman bila digunakan sesuai petunjuk pada sisipan kemasan, toksisitas serius dapat terjadi saat Benadryl digunakan dalam jumlah yang lebih besar.

Konsumsi Benadryl dapat memengaruhi otak. Inilah mengapa hal itu menyebabkan halusinasi yang disebutkan dalam deskripsi tantangan, tetapi juga dapat mempengaruhi jantung.

"Saat dikonsumsi dalam jumlah banyak, Benadryl dapat menyebabkan masalah irama jantung, serangan jantung, dan kematian." katanya.

Juru bicara Johnson and Johnson, produsen Benadryl, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tren Benadryl TikTok ini sangat memprihatinkan, berbahaya dan harus segera dihentikan. Seperti halnya obat apa pun, penyalahgunaan atau penyalahgunaan dapat menyebabkan efek samping yang serius dengan konsekuensi yang berpotensi bertahan lama dan produk Benadryl hanya boleh digunakan seperti yang diarahkan oleh label.

"Ini adalah rekomendasi kuat kami bahwa semua obat dijauhkan dari jangkauan anak-anak setiap saat. Kami bekerja sama dengan TikTok dan mitra kami untuk melakukan apa yang kami bisa untuk menghentikan tren berbahaya ini, termasuk penghapusan konten di seluruh platform sosial yang menunjukkan perilaku ini." kata pernyataan perusahaan.

Para dokter mengatakan bahwa penting bagi orang tua untuk melindungi anak-anak mereka dari tantangan media sosial ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement