Selasa 01 Sep 2020 14:37 WIB

Van de Beek Selesaikan Tes Medis untuk Manchester United

Van de Beek menjalani pemeriksaan medis saat bersama skuat Belanda.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek.
Foto: EPA-EFE/Kiko Huesca
Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Donny van de Beek telah menyelesaikan pemeriksaan medis di Belanda menjelang kepindahannya senilai 40 juta poundsterling dari Ajax ke Manchester United (MU). Gelandang Belanda itu akan menjadi rekrutan pertama pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer pada bursa transfer musim panas ini.

Kesepakatan yang diperkirakan berada di wilayah 39 juta euro, ditambah tambahan 5 juta euro lainnya, diharapkan akan selesai beberapa hari ke depan saat pemain tersebut dalam tugas internasional dengan Belanda.

Pemain berusia 23 tahun itu menjalani pemeriksaan medis saat bersama skuat Belanda menjelang pertandingan Nations League melawan Polandia (4 September) dan Italia (7 September). Ia akan melakukan perjalanan ke Inggris setelah pertandingan tersebut.

United telah mengintai Van de Beek secara ekstensif. Pemain tersebut tidak dimasukkan dalam skuat Ajax untuk pertandingan persahabatan Belanda dengan Eintracht Frankfurt pada Sabtu di tengah rumor kepindahan yang akan segera terjadi.

Van de Beek membantu Ajax mencapai semifinal Liga Champions 2018/2019, mencetak empat gol di sepanjang kompetisi. Ia mencetak 40 gol di semua kompetisi selama tiga musim terakhir. Pada Mei, kepala eksekutif Ajax Edwin van der Sar mengonfirmasi gelandang itu akan diizinkan pergi, tetapi hanya dengan biaya yang sesuai.

Van de Beek hampir bergabung dengan Real Madrid sebelum pandemi virus corona, tetapi dia tidak menyelesaikan pemeriksaan medis atau menandatangani perjanjian dengan klub.

Mengutip dari SkySports, Selasa (1/9), The Transfer Show juga melaporkan pada Senin bahwa ada preferensi untuk menyelesaikan kesepakatan apa pun yang melibatkannya, sebelum Ajax memulai musim baru di Eredivisie Belanda melawan Sparta Rotterdam pada 13 September.

Pemerintah juga telah mengonfirmasi kepada The Transfer Show bahwa Van de Beek tidak perlu mengisolasi diri selama 14 hari di Inggris asalkan dia adalah pemain Manchester United terdaftar, sebelum salah satu pertandingannya untuk Belanda.

Jika pemain asal Belanda itu menjadi pemain United sebelum pertandingan Belanda melawan Polandia atau Italia, dia akan diizinkan untuk mengajukan pengecualian atas dasar olahraga.

Pengecualian yang sama saat ini berlaku untuk semua pemain Liga Primer Inggris dan EFL yang sedang menjalani tugas internasional dari Inggris. Termasuk bagi pemain yang berkompetisi dalam pertandingan di luar negeri, seperti pertandingan persahabatan Liverpool yang dimainkan selama kamp pramusimnya di Austria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement