Senin 31 Aug 2020 22:58 WIB

Hadapi Covid-19, Pemkot Sukabumi Ajak Warga Bersedekah

Pemkot Sukabumi ajak warga bersedekah setiap Jumat

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kegiatan sedekah Jumat yang digalakkan Pemkot Sukabumi
Foto: Riga Nurul Iman/Republika
Kegiatan sedekah Jumat yang digalakkan Pemkot Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah cara dilakukan agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. Salah satunya dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang mengeluarkan surat imbauan terkait upaya menghadapi pandemi Covid-19.

Selain imbauan 3M yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan warga juga diminta menggiatkan gerakan sedekah setiap Jumat dan menggencarkan doa bersama. Hal ini tercantum dalam Surat Himbauan Nomor 451/1206/Tahun 2020 tertanggal 25 Agustus 2020. Surat ini ditujukan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid se Kota Sukabumi, Dewan Masjid Indonesia, Dewan Gereja Indonesia, Majelis Budayana, Parisada Hindu Indonesia, dan Pastor Gereja Katholik.

"Sehubungan dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19 di Kota Sukabumi, maka Pemkot Sukabumi mengimbau seluruh warga untuk pertama melaksanakan Gerakan sedekah setiap Jumat," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menguraikan isi surat imbauan, Senin (31/8).

Sedekah ini untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah sekitarnya. Imbauan kedua yakni menyelenggarakan kegiatan doa bersama agar pandemi Corona Virus Disease 2019 segera berakhir.

Bagi masyarakat muslim kata Fahmi, dilakukan setelah ibadah shalat Jumat dan bagi masyarakat non muslim dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan ibadah masing-masing. Sementara himbauan ketiga yakni agar tetap memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat.

Di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak secara fisik, serta mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. '' Ini ikhtiar langitan, agar Covid-19 bukan hanya kita selesaikan dari sudut kesehatan,'' ungkap Fahmi.

Akan tetapi perlu dilakukan penguatan keagamaan di antaranya dengan bersedekah dan secara serentak berdoa bersama. Semoga dengan berbagai upaya ini baik kesehatan dan doa serta bersedekah kepada warga membutuhkan lanjut Fahmi, dapat mempercepat berakhirnya pandemi Covid-19 di Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement