Senin 31 Aug 2020 20:36 WIB

BMKG: Waspada Kekeringan Meteorologis

Daerah waspada kekeringan meteorologis yakni Jawa Timur, Madura dan sebagian Bali.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasi potensi kekeringan meteorologis di sejumlah wilayah Indonesia
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasi potensi kekeringan meteorologis di sejumlah wilayah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi kekeringan meteorologis di beberapa wilayah di Indonesia.

"Jadi berdasarkan hari tanpa hujan (HTH) di wilayah yang merah itu berdasarkan data, kita bisa membuat peringatan dini kekeringan meteorologis," kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin, Senin (31/8)

Ia mengatakan wilayah-wilayah yang tercatat berpotensi mengalami kekeringan meteorologis akibat hari tanpa hujan yang cukup panjang antara lain adalah Jawa Timur, Madura dan sebagian Bali.

Kemudian, wilayah lain yang masih perlu diwaspadai terkait potensi kemarau tersebut adalah sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Jadi ini kalau kita melihat dari data sebelumnya terkait hari tanpa hujan yang masih cukup panjang," katanya.

Adapun musim kemarau yang berakibat pada hari tanpa hujan cukup panjang, Miming mengatakan puncak musim kemarau terjadi pada Agustus dengan beberapa wilayah juga tercatat masih akan mengalami kemarau pada September.

"Jadi sebagian besar wilayah Indonesia puncak musim kemaraunya itu adalah di bulan Agustus," ujar dia.

Sementara itu, memasuki periode September 2020, Miming mencatat adanya peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan. Untuk itu, BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan dampak yang dapat ditimbulkan dari adanya peralihan musim tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement