Senin 31 Aug 2020 15:40 WIB

'NovelMe Jadi Alternatif di Kala Pandemi'

NovelMe membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti kompetisi menulis.

Penulis (Ilustrasi)
Penulis (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus Covid-19 di Indonesia kian hari semakin bertambah. Pandemi ini tidak hanya berdampak kepada terganggunya aktivitas masyarakat namun juga berdampak pada perekonomian nasional. 

Menurut Sri Mulyani, Kuartal II Ekonomi Indonesia defisit minus 4,3 persen. Banyaknya perusahaan yang gulung tikar dan merumahkan karyawannya menjadi masalah baru. Banyaknya kepala keluarga yang terkena PHK membuat banyak keluarga mengalami kesulitan ekonomi.

Di tengah pandemi dan krisis ekonomi ternyata masih ada harapan. Dua sektor usaha yang masih dapat berdiri dengan kokoh di tengah pandemi ini adalah sektor informasi dan teknologi. 

Salah satu aplikasi mobile tempat penulis Indonesia berkarya, NovelMe, menjadi alternatif yang dapat diandalkan di kala krisis seperti saat ini. Siapa pun yang ingin berkarya di NovelMe tidak perlu keluar rumah, bisa mendapatkan penghasilan sampai puluhan juta rupiah hanya bermodalkan gawai dan koneksi internet. NovelMe sebagai platform lokal Indonesia nomor satu terus bekerja sama dengan penulisnya untuk berkontribusi pada perekonomian masyarakat.

“Awalnya menulis di NovelMe hanya ingin mengejar bonus rajin update cerita sebesar Rp 400 ribu dan menyalurkan hobi saja. Namun rencana Tuhan indah. Bertepatan dengan tutupnya perusahaan tempat saya bekerja, novel saya masuk top rank di NovelMe, melalui aplikasi ini saya berani ambil keputusan untuk menjadi fulltime writer yang semula hanya angan-angan," ujar Liemey yang kantor tempatnya bekerja baru-baru ini tutup.

Penulis NovelMe lainnya, Zizara, awalnya berpikir pendapatan dengan jumlah yang luar biasa hanya untuk penulis profesional saja. "Nyatanya salah. Saya sudah membuktikan sendiri bahwa penulis amatir seperti saya juga bisa mendapat puluhan juta perbulan, lebih besar dari gaji di kantor," ujar Zizara.

Pada bulan Juli lalu beberapa penulis NovelMe berhasil melakukan penarikan pendapatan sebesar puluhan juta rupiah. Erna Azura memperoleh pendapatan sebesar Rp 55.746.334, Liemey memperoleh pendapatan sebesar Rp 51.357.738, dan Zizara memperoleh pendapatan sebesar Rp 34.835.556. Top three penulis di NovelMe ini sudah membuktikan di NovelMe penulis amatir pun karyanya dapat dihargai. 

Di Kompetisi Next Top Writer Season 6 penulis juga bisa mendapatkan total hadiah utama bulanan Rp 28 juta. Selain itu ada hadiah tambahan sub kompetisi Male Book Arena senilai total Rp 11,5 juta dan NTW Innovative senilai total Rp 6,5 juta per bulan. Selain itu terdapat hadiah seasonal (per tiga bulan) dengan hadiah utama senilai total Rp 32 juta, hadiah sub kompetisi Male Book Arena senilai total Rp 19 juta, dan NTW Innovative senilai total Rp 10,5 juta.

Saat ini, NovelMe sedang membuka kesempatan luas bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pendapatan dari menulis novel. NovelMe sedang membuka Kompetisi Next Top Writer Season 6, lomba menulis novel digital dengan total hadiah Rp 250 juta.  Kompetisi ini berlangsung selama Juli-September 2020. 

"Selain hadiah kompetisi utama peserta juga bisa mendapatkan pendapatan dari penjualan novel berbayar, hadiah dari pembaca, dan mendapat bonus jika rajin update cerita. Terdapat tambahan sub kompetisi Male Book Arena yang menjadi ajang penulis laki-laki unjuk karya," tulis NovelMe dalam pernyataan resminya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement