Senin 31 Aug 2020 14:03 WIB

Jelang Musim Tanam, Pupuk Kaltim Siapkan Produk Nonsubsidi

Ketersediaan pasokan pupuk nonsubsidi untuk mendukung masa tanam tetap berjalan

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Pabrik PT Pupuk Kaltim
Foto: dok Pupuk Kaltim
Pabrik PT Pupuk Kaltim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyiapkan pupuk urea nonsubsidi merek Daun Buah di setiap distributor dan kios resmi, di seluruh wilayah distribusi perusahaan. Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan hal ini dilakukan guna mengantisipasi kelangkaan pupuk sekaligus memenuhi kebutuhan petani jelang musim tanam.

"Ketersediaan pasokan pupuk nonsubsidi dilakukan untuk mendukung masa tanam tetap berjalan lancar, mengingat Pupuk Kaltim telah menyalurkan 228.398 ton urea subsidi atau 98 persen dari alokasi 233.691 ton per 28 Agustus 2020," ujar Rahmad dalam siaran pers di Jakarta, Senin (31/8).

Baca Juga

Rahmad menyebut pupuk nonsubsidi menjadi alternatif bagi petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk di masa musim tanam. Untuk musim tanam tahun ini, ucap Rahmad, selain menyalurkan urea bersubsidi, Pupuk Kaltim juga menyiapkan urea nonsubsidi yang bisa didapatkan petani sesuai kebutuhan. Artinya, dia katakan, petani tidak harus mengacu pada aturan E-RDKK seperti pupuk subsidi sehingga bisa diakses secara mandiri dengan jumlah yang diinginkan sesuai kebutuhan lahan.

"Bagi petani yang belum masuk E-RDKK, tetap bisa mendapatkan pupuk dari produk non subsidi, sesuai kebutuhan pemupukan lahan," ucap Rahmad.

 

Menurut Rahmad, kandungan dan unsur produk nonsubsidi tidak kalah dengan urea subsidi dengan pemakaian yang juga lebih hemat. Rahmad menjelaskan kandungan nitrogen urea nonsubsidi sangat cocok membantu mempercepat pertumbuhan tanaman serta membuat daun menjadi lebih segar, hijau dan rimbun. Begitu juga dari sisi mutu, pupuk urea Daun Buah telah memiliki standar internasional dan bersertifikat SNI. Bahkan produk ini telah diekspor Pupuk Kaltim ke luar negeri.

"Jadi petani tidak perlu khawatir dengan urea nonsubsidi Pupuk Kaltim karena kualitasnya sangat baik," tambah Rahmad.

Kata Rahmad, Pupuk Kaltim menyiapkan minimal 500 kilogram (kg) urea Daun Buah dan 500 kg pupuk NPK Pelangi nonsubsidi di setiap kios sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan pupuk sesuai kebutuhan dan dapat memenuhi pemupukan berimbang yang diperlukan oleh petani. Produk ini telah diujikan pada beberapa komoditas di berbagai daerah di Indonesia melalui Demonstration Plot (Demplot) pola pemupukan berimbang Pupuk Kaltim.

"Kami berharap ketersediaan pupuk urea Daun Buah bisa membantu petani mencukupi kebutuhan pupuk saat musim tanam," lanjut Rahmad.

Bagi petani yang butuh pendampingan untuk pola pemupukan berimbang, ucap Rahmad, Pupuk Kaltim juga mempunyai tenaga lapangan yang andal di setiap kabupaten yang siap memberikan arahan dan masukan terkait penggunaan pupuk secara tepat. Sebab, kata Rahmad, salah satu faktor peningkatan produktivitas tidak hanya dari penggunaan pupuk, tapi juga metode pengelolaan lahan dan pemilihan benih, hingga pola waktu pemberian pestisida yang tepat.

"Banyaknya faktor yang mempengarui produktivitas tanaman pun menuntut petani paham akan hal tersebut," kata Rahmad menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement