Senin 31 Aug 2020 11:44 WIB

Istri Wajib Taati Suami, Kecuali dalam Kondisi Berikut 

Islam mewajibkan istri menaati suami kecuali dalam kondisi tertentu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Islam mewajibkan istri menaati suami kecuali dalam kondisi tertentu.  Ilustrasi suami istri
Islam mewajibkan istri menaati suami kecuali dalam kondisi tertentu. Ilustrasi suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam rumah tangga, sikap saling pengertian sangat dibutuhkan. Istri menaati suami, dan suami menyayangi istri. Namun demikian, tidak semua hal boleh ditaati istri atas suaminya.

 

Baca Juga

Dalam kitab Mukhtashar Shahih Al-Bukhari karya Nashiruddin Al-Albani dijelaskan sebuah hadits tentang dilarangnya istri untuk menaati perintah batil dan melanggar syariat dari sang suami. 

 

Di antara contoh perintah batil dari suami sebagaimana dikisahkan hadits  riwayat  Aisyah RA. Haditsnya berbunyi: 

 

عَنْ عَائِشَةَ ، أَنَّ امْرَأَةً مِنَ الْأَنْصَارِ زَوَّجَتِ ابْنَةً لَهَا ، فَاشْتَكَتْ فَتَسَاقَطَ شَعْرُهَا ، فَأَتَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ : إِنَّ زَوْجَهَا يُرِيدُهَا أَفَأَصِلُ شَعَرَهَا ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لُعِنَ الْوَاصِلَاتُ

 

An Aisyata anna imro’atan minal-anshari zawwajati-bnatan laha, fasytakat fatasaqatha sya’aruha, faatat ila Nabiyyi SAW, faqalat: inna zaujaha yuriduha afa ashilu  sya’araha faqala Rasulullah SAW: Luina al-washilatu.

 

Yang artinya: “Aisyah meriwayatkan bahwa seorang wanita Anshar menikahkan anak perempuannya (kemudian anak itu sakit sehingga rambutnya rontok). Ibunya menghadap Nabi SAW lalu menceritakan hal itu, ia berkata: suaminya menyuruh saya menyambung rambutnya. Maka Rasulullah SAW bersabda: jangan, sebab wanita menyambung rambut adalah terlaknat.”  

 

Dari hadits tersebut, sikap patuh dan tunduk istri terhadap suami dalam Islam harus dilandasi dengan ketakwaan dan juga kritis. Sebab sebagaimana yang kerap digaungkan, prinsip berumah tangga adalah untuk saling mengisi dan juga semangat untuk saling menasihati satu sama lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement