Senin 31 Aug 2020 09:59 WIB

Fakta-Fakta Shinzo Abe, PM Terlama Jepang

PM Shinzo Abe mundur dari jabatannya karena masalah kesehatan.

Foto: New York Times/CNN
Shinzo Abe mundur dari jabatannya sebagai perdana menteri.

REPUBLIKA.CO.ID, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe resmi mundur dari jabatannya, Jumat (28/8). Ia mundur menyusul kondisi kesehatannya yang memburuk. Berikut sejumlah fakta dan capaian yang telah dilakukan Abe.

Perdana Menteri Terlama

Abe merupakan perdana menteri dengan masa jabatan terlama yang memimpin Jepang. Abe terpilih sebagai perdana menteri sejak Desember 2012. Sebelumnya pemimpin Partai Demokratik Liberal ini juga pernah menjabat dengan kapasitas yang sama antara September 2006 dan September 2007.

Abe Pernah Mundur

Pada masa pertamanya memimpin ia juga pernah mundur karena sakit Kolitis ulseratif kronis. Namun ia kembali memimpin pada 2012.

Perkuat Pertahanan Jepang

Abe memiliki motivasi kuat untuk memperkuat pertahanan Jepang dan merevisi konstitusi pasifis. Abe memperkuat militer menyusul ancaman Jepang dan China.  Pada 2014, pemerintahan yang dipimpin olehnya menafsirkan ulang konstitusi untuk memungkinkan pasukan Jepang berperang di luar negeri untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II.

Kemenangan Mutlak

Kekuatan karir politik Abe memuncak pada 2017. Partainya menang telak, dan bersama koalisi ia menguasai dua pertiga kursi di parlemen.

Terlibat Skandal

Pada 2018, Abe meminta maaf menyusul skandal yang menerpa pemerintahannya. Kepercayaan publik terhadap Abe menurun terkait penjualan tanah milik negara dengan diskon besar ke operator sekolah nasionalis yang memiliki hubungan dengan istrinya.

Penanganan Corona

Dalam beberapa waktu terakhir, publik kurang puas dengan cara Abe menangani virus Covid-19, terutama dampaknya terhadap ekonomi.

sumber : New York Times/CNN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement