Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Tips Tetap Sehat dengan Cara Sederhana Meski Sibuk

Ahad 30 Aug 2020 20:24 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Gaya hidup sehat (ilustrasi).

Gaya hidup sehat (ilustrasi).

Foto: Pexels
Menjadi sehat membuat Anda produktif, kreatif, dan meningkatkan kinerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah jadwal yang padat membuat Anda tidak sempat mengurus kesehatan? Terlepas dari seberapa besar kita mencintai pekerjaan, penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan.

Kesuksesan seseorang pun juga bergantung dengan kesehatan dirinya. Dengan kata lain, menjadi sehat membuat Anda produktif, kreatif, dan meningkatkan kinerja. Bahkan orang yang paling sukses pun kerap hanya sibuk dengan hasrat dan keinginannya saja, dan melupakan pentingnya kesehatan.

Kepala Ahli Gizi Rumah Sakit Columbia Asia, Yeshwanthpur, Pavithra N Raj mengatakan, saat sibuk, orang-orang cenderung menghindari makan atau mengurangi porsi makan. Padahal itu bisa membuat mereka lemah dan lesu.

"Penting untuk memastikan Anda tidak menahan rasa lapar dan harus mendapatkan porsi makanan yang tepat serta penuh dengan bahan-bahan sehat,” kata Pavithra.

Pavithra berbagi beberapa tips untuk membantu Anda tetap sehat ketika jadwal padat seperti dilansir di laman Pinkvilla, baru-baru ini:

1. Bersikap teratur

Pastikan Anda menjalankan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai perlahan dan tanamkan pola makan sehat secara teratur. Ingat, kebiasaan makan makanan sehat ini memainkan peran penting dalam mengatur asupan kalori.

2. Makan dalam porsi kecil secara teratur

Daripada satu kali makan tapi porsi besar, lebih baik makan dalam porsi kecil secara berkala. Ini membantu tubuh mencatat seberapa lapar kita dan membantu menghindari makan camilan.

3. Nikmati sarapan porsi besar

Sarapan yang sehat dan mengenyangkan adalah suatu keharusan jika ingin hidup sehat. Lakukan dengan benar dengan memakan sereal, buah-buahan, milkshake, bukan goreng-gorengan, dan tambah ekstra mentega. Bahkan makanan sehat dan sederhana pun bisa dibuat enak dengan bahan yang tepat.

4. Pastikan makan porsi kecil

Mulailah selalu makan dengan porsi kecil untuk menghindari makan berlebihan. Ingat, kita bisa selalu makan lebih banyak jika kita masih merasa lapar.

5. Makan perlahan

Makan perlahan tidak hanya membantu mengunyah makanan dengan benar, tetapi juga memungkinkan Anda menikmati rasanya. Saat menyantap makanan dengan kecepatan tinggi, Anda cenderung makan lebih banyak tanpa menyadari rasanya. Makan dengan lambat juga membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

6. Ganti makanan kemasan dengan makanan sehat

Setiap kali Anda mengonsumsi makanan kemasan, pastikan Anda juga memakan beberapa makanan sehat seperti apel atau jeruk ke dalamnya.

7. Konsumsi buah dan sayur

Nikmati sayuran rebus dan buah-buahan segar sebagai bagian dari makanan Anda. Satu kotak penuh sayuran tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi juga membantu menurunkan asupan kalori Anda.

8. Pilih protein daripada karbohidrat

Makan makanan yang tepat akan membantu menyehatkan tubuh Anda. Ingatlah saat tubuh lapar, dia menginginkan nutrisi bukan kalori.                        

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA