Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Aparat India Bentrok dengan Muslim yang Merayakan Muharram

Ahad 30 Aug 2020 14:38 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Aparat India Bentrok Dengan Muslim yang Merayakan Muharram. Foto ilustrasi: Asyura

Aparat India Bentrok Dengan Muslim yang Merayakan Muharram. Foto ilustrasi: Asyura

Perayaan Muharram di India diwarnai aksi bentrok dengan aparat.

REPUBLIKA.CO.ID, DELHI --- Aparat keamanan India bentrok dengan umat Muslim Kashmir yang merayakan bulan suci Muharam pada Sabtu (29/8). Dilansir Al Arabiya pada Ahad (30/8), aparat melepaskan tembakan dan gas air mata ke arah ratusan Muslim di Kashmir yang disebut telah mengabaikan larangan pertemuan keagamaan di masa pandemi. Puluhan orang pun terluka akibat bentrokan tersebut.

Diketahui pihak berwenang India telah memberlakukan kembali larangan pertemuan keagamaan sejak Kamis lalu, bentrokan pun terjadi dengan Muslim syiah yang ingin menggelar prosesi tradisi bulan suci Muharam.

Seorang saksi mata, Jafar Ali mengatakan bahwa prosesi itu berawal di daerah Bemina yang terletak di pinggiran kota utama Srinagar. Dalam prosesi itu aparat hadir dalam jumlah besar. Ia mengatakan pasukan keamanan menembakkan peluru dan gas air mata untuk membubarkan pertemuan itu.

Saksi lainnya, Iqbal Ahmad juga mengatakan hal serupa. Ia mengatakan pasukan keamanan menembakkan peluru saat prosesi yang sebagian besar berlangsung damai dan diikuti perempuan. Sedikitnya ada 40 orang terluka dalam insiden itu.

Menurut keterangan dokter setempat ada sekitar 25 orang yang dibawa ke klinik terdekat. Mereka mengalami luka baik di wajah ataupun di tubuh. Sementara itu, puluhan pasien tersebut harus dipindahkan ke fasilitas kesehatan lain untuk memperoleh penanganan yang lebih baik. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA