Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Perjalanan Karier Chadwick Boseman Sang 'Black Panther'

Sabtu 29 Aug 2020 11:52 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Belasan tahun di dunia film, Chadwick Boseman punya banyak peran yang harumkan namanya (Foto: aktor Chadwick Boseman)

Belasan tahun di dunia film, Chadwick Boseman punya banyak peran yang harumkan namanya (Foto: aktor Chadwick Boseman)

Foto: Chris Pizzello / Invision / AP
Belasan tahun di dunia film, Boseman punya banyak peran yang harumkan namanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencinta Marvel tentu akrab dengan mendiang aktor Chadwick Boseman berkat perannya sebagai Raja T'Challa alias Black Panther. Tampil pertama kali di sinema Captain America: Civil War, Boseman kemudian membintangi sinema Black Panther dan deretan film Marvel lainnya.

Selama belasan tahun karier berakting, Boseman nyatanya punya banyak peran yang mengharumkan namanya. Pria beretnis Afrika-Amerika yang berpulang pada 28 Agustus 2020 karena kanker usus besar itu membintangi banyak film dan serial lintas genre, didukung dengan latar belakang pendidikan mumpuni.

Boseman yang lahir dan tumbuh di Anderson, South Carolina, sudah menulis naskah teater pertamanya di sekolah menengah, berjudul Crossroads. Dia lantas berkuliah di Universitas Howard, Washington DC, lulus dengan gelar Sarjana Seni dalam bidang penyutradaraan.

Berkat salah satu mentornya, dia bisa mengikuti Program Pertengahan Musim Panas Oxford dari British American Drama Academy di London, Inggris. Selain menulis naskah dan belajar penyutradaraan, Boseman memutuskan belajar akting untuk memahami cara berelasi dengan aktor.

Setelah lulus dari Akademi Film Digital New York, Boseman tinggal di Brooklyn untuk meniti karier, sebelum pindah ke Los Angeles. Dia sempat pula bekerja sebagai instruktur drama di Schomburg Junior Scholars Program di Harlem, New York, selama beberapa waktu.

Dia terus menulis naskah untuk serial maupun pertunjukan panggung. Pada 2003, Boseman mendapat peran pertamanya di salah satu episode serial televisi drama kriminal "Third Watch". Pada 2008, dia memainkan peran berulang di serial televisi "Lincoln Heights".

Tahun yang sama, Boseman muncul dalam film fitur pertamanya, The Express: The Ernie Davis Story. Selang dua tahun kemudian, dia mendapat peran reguler di serial televisi "Persons Unknown". Peran utama pertama Boseman di film layar lebar adalah sebagai Jackie Robinson di film 42.

Sinema biografi olahraga itu menceritakan sosok nyata pemain bisbol profesional AS bernama Jackie Robinson. Boseman hampir saja urung mengambil peran itu, karena pada saat yang sama tengah mengarahkan drama di East Village ketika mengikuti audisi untuk peran tersebut.

Deretan film lain yang dia bintangi antara lain Draft Day, Get on Up, Gods of Egypt, sebelum menjadi penguasa Wakanda di sinema Marvel. Pada 2019, dia menjadi tokoh utama di film laga thriller berjudul 21 Bridges, dan tahun ini berperan di film drama perang Netflix, Da 5 Bloods.

Boseman sangat aktif berbagi opini dan kegiatan sehari-hari di media sosial. Pada akun Instagram resminya, @chadwickboseman, dia mengumumkan film atau serial terbaru serta cukup sering mengunggah potret aktor, musisi, maupun tokoh dunia yang menurutnya inspiratif.

Pandangan kritis dan bijaksana dari Boseman terlihat pada berbagai status yang dia unggah. Salah satunya, yang dia buat pada perayaan "Juneteenth", hari libur di AS untuk memperingati penghapusan perbudakan dan emansipasi ras Afrika-Amerika di seluruh Amerika Serikat.

"Memahami sejarah kita adalah salah satu dari banyak cara untuk merombak siklus ketidakadilan rasial di negara ini. Mari mencoba belajar dari masa lalu kita sehingga kita bisa menciptakan masa depan yang lebih baik bersama. Tidak hanya hari ini, melainkan setiap hari," tulis Boseman.

Unggahan terakhir di akun Instagram itu, sayangnya, merupakan akhir riwayat sang aktor. Perwakilan Boseman mengumumkan kabar duka serta cerita singkat mengenai perjuangan mendiang melawan kanker usus besar. Boseman mengembuskan napas terakhir di rumah, didampingi istri dan keluarganya. Selamat jalan, Raja T'Challa!

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA