Sabtu 29 Aug 2020 03:40 WIB

Ayah Ingatkan Serena Williams, Atlet Mudah Kehilangan Uang

Ayah mengajarkan Serena Williams perencanaan keuangan sejak dini.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Petenis Serena Williams juga mengajarkan anaknya perencanaan keuangan sejak dini.
Foto: EPA-EFE/NIC BOTHMA
Petenis Serena Williams juga mengajarkan anaknya perencanaan keuangan sejak dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang tenis Serena Williams mengaku nasihat yang diterima dari ayahnya, Richard Williams, terpatri di benaknya. Sang ayah selalu mengatakan pada Serena bahwa atlet-atlet mudah kehilangan uangnya.

Sang ayah mengajarkannya akan pentingnya mengelola keuangan sendiri dengan benar. Serena berbagi cerita itu dalam acara bincang virtual Chase Chats dengan mantan pemain NBA Jay Williams.

Baca Juga

"Dia selalu berbicara tentang pentingnya tak kehilangan begitu mendapatkan dan tidak membeli semua yang kita lihat. Itu melekat dalam diriku sepanjang hidupku,” kata juara tenis berusia 38 tahun itu.

Meski sang ayah membagikan beberapa nasihat bijak, Serena mengatakan, ada pelajaran yang dia harap dipelajari sejak usia muda. Ia mengaku tak terlalu paham tentang perbankan.

"Sejujurnya, aku berharap belajar lebih banyak tentang perbankan dan cara kerjanya, (misalnya) apa yang terjadi di rekening tabungan versus apa yang terjadi di rekening giro versus apa yang terjadi berinvestasi di bank," ujar dia.

Serena berharap bisa mempelajari dunia perbankan lebih cepat sehingga bisa membuat uangnya bekerja lebih baik lagi. Tak ingin mengulangi keterlambatannya itu, Serena sudah mencoba mengajarkan beberapa hal dasar pada putrinya Alexis Olympia yang akan berusia tiga tahun pada September mendatang.

“Kalau bicara keuangan, aku mengatakan padanya tempo hari, ‘kalau kamu meminjamnya, kamu harus membayarnya.’ Aku coba beri tahu dia sedikit tentang tanggung jawab keuangan,” kata Serena.

Dia mengatakan, putrinya memiliki semangat kompetitif bawaan yang mirip dengannya. Salah satu hal yang membuat Olympia menangis adalah ketika kalah.

"Itu aku banget. Jika tak memang, aku menangis dan dia melakukan hal yang sama. Dia sangat kompetitif hingga membuatku malu,” ujar Serena.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement