Jumat 28 Aug 2020 19:13 WIB

Thiago Silva Resmi Jadi Rekrutan Kelima Chelsea

Silva diharapkan bisa mendongkrak performa lini pertahanan tim besutan Frank Lampard.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek PSG Thiago Silva.
Foto: REUTERS/Vincent Kessler
Bek PSG Thiago Silva.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea akhirnya mengumumkan perekrutan bek tengah asal Brasil, Thiago Silva. Bek berusia 35 tahun itu menjadi pemain kelima yang didatangkan the Blues pada bursa transfer musim panas kali ini.

Sebelumnya, Chelsea telah mengamankan tanda tangan Hakim Ziyech, Timo Werner, Ben Chilwell, dan Malang Sarr. Total, Chelsea telah menggelontorkan dana transfer mencapai 143,2 euro (2,4 triliun rupiah) dalam perekrutan lima pemain tersebut.

Namun, tidak seperti Chilwell, Werner, dan Ziyech, Chelsea merekrut Silva tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias dengan status free transfer. Skema Chelsea mendatangkan Silva ini sama seperti saat merekrut Malang Sarr dari Nice.

The Blues mengikat Silva dengan durasi kontrak selama satu tahun, dengan opsi perpanjangan selama satu tahun berikutnya pada akhir masa kontrak.

''Kami bersyukur bisa menambahkan pemain kelas dunia seperti Thiago Silva ke dalam skuat kami. Kami yakin, pengalaman dan kualitas Silva bisa melengkapi talenta yang sudah ada di tim ini,'' ujar Direktur Chelsea, Marina Granovskaia, di laman resmi klub, Jumat (28/9).

Setelah delapan musim membela Paris Saint-Germain (PSG), Silva memutuskan mengakhiri kiprahnya bersama Les Parissien begitu kontraknya berakhir pada bulan ini. Mantan bek tengah Fluminense itu sukses mengantarkan PSG menjadi klub paling dominan di pentas kompetisi domestik Prancis dengan meraih tujuh trofi Ligue 1, lima trofi Coupe de France, dan enam titel Coupe de la Ligue.

Sayangnya, mantan bek tengah AC Milan itu gagal membawa PSG meraih titel Liga Champions kendati telah berhasil membawa Les Parissien ke partai puncak Liga Champions musim lalu. PSG menyerah 0-1 dari Bayern Muenchen di partai final dan harus kembali mengubur mimpi mengangkat trofi Liga Champions.

Di Chelsea, Silva diharapkan bisa mendongkrak performa lini pertahanan tim besutan Frank Lampard tersebut. Meski berhasil finishdi peringkat ketiga, tapi Chelsea menjadi tim yang paling banyak kebobolan di antara 10 klub teratas klasemen akhir. Gawang Chelsea tercatat kebobolan sebanyak 54 kali dalam 38 partai Liga Primer Inggris musim lalu.

''Saya sangat bahagia bisa bergabung dengan Chelsea dan menjadi bagian dari tim yang tengah dibangun Frank Lampard. Saya hadir di sini untuk bisa membawa Chelsea bersaing dalam memperebutkan trofi. Saya sudah tidak sabar untuk bisa merumput di Stadion Stamford Bridge,'' ujar Silva seperti dikutip laman resmi klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement