Jumat 28 Aug 2020 18:37 WIB

Positif Covid-19 di Cirebon Capai 130 Orang Selama Agustus

Angka ini merupakan yang tertinggi di Cirebon dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, selama 1-28 Agustus 2020 mencapai 130 orang. Angka ini merupakan yang tertinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Peningkatan kasus ini karena kami terus melakukan tes massal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nanang Ruhyana di Cirebon, Jumat (28/8).

Dari data yang ada total kasus positif Covid-19 pada bulan Juli di Kabupaten Cirebon, sebanyak 63 orang dan terus bertambah saat masuk bulan Agustus.

Di mana sekali penambahan kasus baru di bulan Agustus kata Nanang bisa mencapai puluhan orang dan ada juga klaster yang menyebabkan kasus terus meningkat.

"Sampai Jumat (28/8) ini terdapat 193 orang yang terkonfirmasi positif corona, khusus di bulan Agustus ada penambahan 130 kasus," ujarnya.

Nanang mengatakan selain terus dilakukan tes secara massal penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) juga menyumbang peningkatan kasus.

Apalagi pada masa AKB banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan, padahal sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Di Kabupaten Cirebon sendiri, tim telah melakukan tes PCR sebanyak 14.077 dengan hasil terkonfirmasi 83 orang.

Dia menambahkan dari 193 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, 106 orang isolasi di rumah sakit dan juga mandiri, 78 sembuh dan sembilan lainnya meninggal dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement