Sabtu 29 Aug 2020 00:20 WIB

Raisa-Andi Rianto Rilis ‘Bahasa Kalbu’ Versi Orkestra

Setelah diperkenalkan 21 tahun lalu, lagu 'Bahasa Kalbu' dikemas ulang Andi Rianto.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Raisa dan Andi Rianto merilis single baru Bahasa Kalbu versi orkestra, Jumat (28/8).
Foto: Tangkapan Layar
Raisa dan Andi Rianto merilis single baru Bahasa Kalbu versi orkestra, Jumat (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Raisa dan Andi Rianto merilis single "Bahasa Kalbu". Ini merupakan remake dari karya milik Titi DJ, Andi Rianto, dan Dorie Kalmas dengan judul yang sama.

Rilisan lagu juga ditemani video musik bernuansa klasik hitam putih yang diambil sebelum pemberlakukan pembatasan sosial pada awal Maret lalu. Bagi Andi, "Bahasa Kalbu" adalah salah satu lagu terpenting.

Baca Juga

"Dua puluh satu tahun kemudian, akhirnya mendapat kesempatan melahirkan lagi lagi ini dan mengemas dengan semangat baru,” kata Andi dalam konferensi pers single terbaru Raisa, Jumat (28/8).

Remake itu dibuat karena feedback positif dari para penonton konser Magenta Orchestra XV pada tahun lalu. Andi memberikan sentuhan aransemen baru dengan kesan lebih mewah, intim, dan powerful dengan iringan musik orkestra.

“Bahasa Kalbu” merupakan rilisan pertama Raisa yang bernuansa orkestra dengan fokus di strings section sebagai elemen utama aransemennya. Raisa biasanya bernyanyi dengan aransemen musik pop bersama formal full band yang diisi instrumen gitar, keyboard, drum, bas sebagai pondasi dasar musiknya.

“Bahasa Kalbu” dapat diartikan sebagai rangkaian kata yang bercerita tentang rasa percaya diri dan ungkapan cinta seseorang pada kekasihnya. Melalui lirik “percayalah” menyiratkan rasa sayang sangat dalam dan usaha seseorang untuk meyakinkan cintanya agar percaya dan selalu bertahan bersama saling menyayangi.

Bagi Raisa, lagu itu memiliki arti penting tentang perjuangan manusia atas cinta. Raisa meranggapan cinta adalah tentang memberi dan dimengerti.

"Aransemennya gila banget dan menantang, karena aku belum pernah punya lagu full orchestra," ujar Yaya sapaan akrab Raisa.

Raisa sangat senang bisa membawakan “Bahasa Kalbu” versinya dan mempertahankan jati diri asli dari lagu yang banyak dicintai orang. Raisa pertama kali menyanyikan lagu “Bahasa Kalbu” dengan Andi Rianto di acara perayaan 15 tahun Magenta Orchestra.

Melihat respon bagus dari penonton yang melihat penampilan Raisa dengan Magenta Orchestra, CEO JUNI Records Adryanto Pratono mengatakan JUNI Records berpikir untuk merekam lagu itu. Baginya, lagu “Bahasa Kalbu” punya magnet sendiri yang selalu membuat banyak orang merinding in good way.

“Selalu menarik jika kami bisa merilis materi ini. Gue yakin Raisa bisa memberikan nyawa baru untuk lagunya ini,” kata Adryanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement