Jumat 28 Aug 2020 14:09 WIB

Mau Punya Bioskop Sendiri, Ini 5 Alat yang Patut Disiapkan

Alat elektronik utama yang harus dimiliki untuk punya bioskop sendiri adalah Smart TV

Realme Smart TV bisa menjadi alternatif alat elektronik untuk membuat bioskop di rumah
Foto: Realme
Realme Smart TV bisa menjadi alternatif alat elektronik untuk membuat bioskop di rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi kamu para penggemar film layar lebar tentu menonton film di bioskop seperti sudah menjadi keharusan ketika sedang memiliki waktu luang. Apalagi jika film-film baru yang sangat kamu nanti memiliki trailer yang menarik. 

Belum lagi jika kamu janjian nonton bersama dengan teman-teman yang memiliki hobi sama, tentu tidak sabar untuk segera bisa menonton film yang ditunggu-tunggu tersebut di bioskop kesayangan. Sayangnya pandemi Covid-19 terpaksa membuat seluruh bioskop di kota anda tutup sementara, sehingga terpaksa membuat anda hanya bisa menonton dari rumah.

Nah, karena alasan krusial ini pun menginspirasi banyak penggemar film layar lebar untuk membuat bioskop mini sendiri di rumah mereka. Selain tidak harus berjubel dengan banyak orang, aktivitas menonton film kesukaan tentu bisa dilakukan kapan saja, bahkan bisa sambil mengerjakan pekerjaan.

Namun tentunya membuat bioskop sendiri membutuhkan cukup banyak hal yang dipersiapkan. Tidak hanya tentang ruangan saja, akan tetapi juga peralatan yang akan dipasang. Maka dari itu, di artikel ini akan membahas mengenai beberapa alat elektronik yang harus dipersiapkan untuk membuat bioskop mini di rumah. Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Realme Smart TV

Alat elektronik pertama yang harus dimiliki untuk membuat bioskop di rumah adalah layar TV atau layar proyektor. Salah satu Smart TV yang bagus dan direkomendasikan adalah realme smart TV. Android TV yang sudah resmi diluncurkan ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni namun harganya terjangkau.

Produsen realme Indonesia memperkenalkan produk ini pertama kali di India pada bulan Mei lalu. TV pintar ini merupakan bagaian dari kategori Home, yang aman diharapkan dapat memberi pengalaman menonton di rumah menjadi lebih seru dan menyenangkan dengan fitur-fitur unggulan yang dimiliki.

Desain Bezel-Less

Desain merupakan salah satu hal pertama yang di perhatikan saat ada produk baru baik itu smartphone, smart TV ataupun alat elektronik yang lain. Sebagai produk yang pertama, realme smart TV initentumenyuguhkandesain yang terbaikdanbisamemberikanimpresisupayamemikat para calon konsumen untuk membelinya. 

Produk realme smart TV ini hadir dengan premium bezel-less dengan tipis 8,7 mm sebagai desainnya. Selain itu, lapisan panelnya dari satu ujung ke ujung lain juga mempunyai bezel yang super tipis yang bisa membuat tampilan lebih mewah.

Untuk ukuran, realme smart TV inimempunyai dua ukuran yang sesuai pilihan layarnya yakni 32 inch atau 80 cm serta 43 inch atau 108 cm. Untukbioskop di rumah, tentu ukuran 43 inch adalah pilihan yang paling cocok.

photo
Layar Realme Smart TV - (Realme)

Layar

Selain mempunyai dua ukuran, realme smart TV hadir dengan resolusi layar yang cukup mumpuni. Untuk ukuran 32 inch resolusinya adalah 1366*768 (HD), sedangkan ukuran 43 inch resolusinya 1920*1080 (HD). Tidak hanya itu, smart TV ini juga hadir dengan fitur Chroma Boost yang mana membantu pengguna untuk memotret gambar dengan satu klik. Chroma Boost ini juga bisa untuk meningkatkan warna kontras, kecerahan, hingga kejelasan guna menghasilkan visual yang lebih menakjubkan.

Audio

Tidak hanya memikirkan tentang layar, nyatanya realme juga menghadirkan audio yang cukup memuaskan untuk smart TV pertama mereka. Dengan dilengkapi 4W Quad Stereo Speakers yang diletakkan di bawah dan setiap pasangnya terdiri dari satu tweeter dan satu full-range ini bisa membuat suara TV lebih jelas dan jernih. 

Ukuran setiap pasang speaker dari realme smart TV ini untuk ukuran 43 inch mencapai 183.3*46.8*45.2mm, sedangkan untuk ukuran 32 inch mencapai 120*47*42.5mm. Total daya dari empat speaker tersebut bisa mencapai 24W dan sangat jelas lebih bertenaga dibandingkan para kompetitor.

2. Alat Pemutar Film

Salah satu adalah alat elektronik yang harus dipersiapkan untuk membuat bioskop mini di rumah alat pemutar film. Alat ini bisa berupa DVD atau VCD player. Tapi, kamu juga bisa menggunakan laptop atau pc, tergantung kamu lebih suka yang mana.

3. Receiver

Alat ini harus dimiliki jika kamu ingin membuat bioskop mini di rumah. Receiver memiliki fungsi sebagai alat sambungan antar audio, video serta sistem pemutar.

4. Speaker dan Soundbar

Supaya suasana nonton kamu benar-benar seperti di bioskop asli, kamu harus menyiapkan speaker dan soundbar. Sekarang ini sudah banyak tersedia jenis speaker dan sound bar bagus yang dijual di pasaran. Namun, jika ingin lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan speaker dari TV saja.

5. Alat-Alat Pelengkap

Kabel HDMI, video komposit, video komponen, kebel Ethernet dan kabel-kabel cadangan bisa kamujadikansebagaipelengkap yang menunjang bioskop mini-mu. Kamu bahkan juga bisa menggunakan stabilizer listrik supaya kondisi arus listrik di rumah tetap normal.

Demikian pembahasan mengenai lima alat elektronik yang harus dipersiapkan untuk membuat bioskop mini di rumah. Semoga bermanfaat untukkamu yang ingin membuatnya di rumah atau kamu bisa gunakan ini juga sebagai bisnis sampingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement