Jumat 28 Aug 2020 12:16 WIB

Novel Baswedan Akan Swab Test Ulang di Rumahnya

Novel Baswedan akan melakukan swab test ulang di kediamannya pada Jumat (28/8).

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Esthi Maharani
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) Yudi Purnomo Harahap mengatakan, Novel Baswedan akan melakukan swab test ulang di kediamannya pada Jumat (28/8) hari ini. Diketahui, Novel Baswedan positif virus corona dari hasil swab test PCR pada Kamis (27/8) kemarin.

"Pada hari ini Bang Novel akan melakukan test swab ulang beserta dengan keluarganya di rumah kediaman beliau," kata Yudi saat dihubungi, Jumat (28/8).

Ia mengatakan kondisi Novel Baswedan kini sehat. Novel, lanjut dia, juga tengah melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Ia pun menegaskan untuk sementara, Novel tidak akan bekerja selama menjalani isolasi mandiri.

"Tentu kami prihatin dengan apa yang terjadi, karena untuk sementara berarti bang Novel tidak bekerja dulu," ujar Yudi.

Sementara itu, Novel mengaku tak merasakan gejala Covid-19. Ia mengaku masih merasa sehat.

" Iya (positif Covid-19 dari hasil swab). Alhamdulillah saya merasa sehat dan tanpa gejala. Insya Allah saya akan melakukan isolasi mandiri," ujar Novel saat dikonfirmasi, Kamis (28/8).

Novel Baswedan diketahui positif Covid-19  berdasarkan test swab pada Kamis (27/8) kemarin. Para pegawai KPK yang terpapar virus corona sudah langsung melakukan  langkah-langkah mitigasi dengan isolasi mandiri.

KPK  juga telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya.

Diketahui, KPK kembali menggelar uji tes Swab PCR kepada pegawai KPK termasuk, pegawai di Direktorat Penyidikan Kedeputian Penindakan KPK pada Kamis (27/8) kemarin.  Pelaksanaan tes swab ini dilakukan melalui poli klinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto bertempat di Gedung Juang KPK.

Berdasarkan tes swab yang dilakukan BBTLKPP Kemenkes terhadap berapa pegawai dan tahanan telah ditemukan ada 9 pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, 4 orang non pegawai, dan 1 orang tahanan dinyatakan positif terpapar Covid 19.

KPK juga telah kembali melakukan penyemprotan disinfektan di ruang kerja pada direktorat penyidikan, ruang kerja lainnya di gedung merah putih KPK, dan gedung aclc. Lembaga antirasuah juga memastikan protokol kesehatan tetap dipatuhi oleh seluruh pegawai KPK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement