Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Menag Malaysia Serukan Umat Miliki Kalender Islam

Jumat 28 Aug 2020 10:49 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Menag Malaysia Serukan Umat Miliki Kalender Islam. Foto ilustrasi: Awal bulan baru kalender Hijriyah didasarkan pada pergerakan bulan. Ilustrasi

Menag Malaysia Serukan Umat Miliki Kalender Islam. Foto ilustrasi: Awal bulan baru kalender Hijriyah didasarkan pada pergerakan bulan. Ilustrasi

Foto: .
Umat disarankan Menag Malaysia miliki kalender Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Setiap keluarga muslim dianjurkan untuk memiliki kalender Islam atau taqwim di rumah mereka. Ini dapat menjadi rujukan atau pedoman hidup untuk hal-hal yang berkaitan dengan hukum Islam serta sebagai pengingat tanggal-tanggal penting.

"Taqwim memiliki peran penting dalam pengelolaan kehidupan manusia. Itu sistem yang erat kaitannya dengan kegiatan sosial dan keagamaan, dan juga dalam mengatur kehidupan sehari-hari," kata Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Datuk Seri Dr Zulkifli Mohamad Al-Bakri, kepada wartawan usai meluncurkan kalender Hijriah Pusrawi International College of Medical Sciences (PICOMS), dilansir dari laman Bernama, Jumat (28/8).

Dia mengatakan, bahwa setiap ibadah dalam Islam harus mengacu pada tahun Hijriah dan taqwim penting untuk memutuskan tanggal dan perayaan penting, zakat dan iddah (periode yang harus diperhatikan seorang wanita setelah suaminya meninggal atau setelah bercerai) serta usia pubertas.

Adapun PICOMS merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi di bawah Dewan Agama Islam Wilayah Federal (MAIWP), telah menerbitkan taqwim bekerja sama dengan I Quest Training Consultancy yang menawarkan fitur-fitur khusus bagi umat Islam.

Ini termasuk sistem warna, infografik dan simbol unik untuk menunjukkan tanggal-tanggal penting, informasi tentang tanggal yang sesuai untuk puasa sukarela dan membaca Alquran, acara dan perayaan keagamaan, serta liburan umum dan sekolah.

Zulkifli mengatakan, bahwa kampanye '1 Rumah 1 Taqwim' PICOMS juga akan diperluas sehingga komunitas Muslim di Malaysia mendapat manfaat dari kalender tersebut.

Rossi Handayani

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA