Jumat 28 Aug 2020 00:13 WIB

Mahasiswa Asal Madura Jadi Koordinator PPI Sedunia

Dia merupakan alumnus Pondok Pesantren Asshomadiyah Burneh, Bangkalan, Madura.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Choirul Anam, terpilih sebagai koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).
Foto: istimewa
Choirul Anam, terpilih sebagai koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mahasiswa asal Madura, Choirul Anam, terpilih sebagai koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) tingkat dunia periode 2020-2021. Pemilihan telah berlangsung pada rangkaian Simposium Internasional PPI 2020.

Pria kelahiran Bangkalan, Madura, yang biasa disapa Cak Anam itu terpilih pada voting yang digelar secara virtual, Ahad (23/8). Lewat pernyataan resminya, Anam berharap bisa menjalankan amanah baru tersebut sebaik mungkin.

Saat ini, Choirul menempuh studi doktoral jurusan Public Policy di Charles University di Republik Ceska. Dia merupakan alumnus Pondok Pesantren Asshomadiyah Burneh, Bangkalan, Madura, yang didirikan oleh KH Makky Syarbini.

Anam menimba ilmu di pondok pesantren tersebut sejak 1996 hingga 2002. Saat ini, pesantren diasuh oleh KH Abdul Muhaimin Makky, dengan jenjang pendidikan mulai ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, hingga SD, SMP dan SMA.

Selama satu tahun masa jabatannya sebagai Koordinator PPI, Anam akan menjalankan lima program utama. Beberapa di antaranya adalah peningkatan kualitas human capital PPI dan peningkatan kualitas riset/penelitian PPI.

"Juga meningkatkan kapasitas organisasi dengan menjadikan PPI sebagai organisasi yang leading dalam penerapan good governance," ungkap Anam.

Pada forum yang sama, PPI Tiongkok terpilih sebagai Tuan Rumah Simposium Internasional PPI Dunia tahun depan. PPI Tiongkok mengungguli PPI Jerman dalam voting daring untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement