Kamis 27 Aug 2020 20:06 WIB

Penampakan Masjid Istiqlal Setelah 100% Selesai Direnovasi.

.

Rep: Prayogi, Fuji Eka Permana/ Red: Yogi Ardhi

Suasana halaman Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8). Renovasi yang paling pertama semenjak Masjid Istiqlal dibangun. Masjid Istiqlal dibangun pada 24 Agustus 1961 yang awal pembangunannya dilakukan oleh Presiden Soekarno. (FOTO : Prayogi/Republika)

Suasana halaman Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8). Masjid Istiqlal lokasinya dikelilingi sungai. Sungai yang awalnya nampak keruh ini akan dijernihkan dan diubah menjadi tempat wisata air. (FOTO : Prayogi/Republika)

Suasana dalam Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8). Sound system masjid juga sangat bersih suaranya. Area masjid dipasang 140 CCTV dan di menara masjid juga dipasang CCTV sehingga bisa melihat Jakarta dari atas yang gambarnya ditampilkan dalam monitor besar. (FOTO : Prayogi/Republika)

Suasana dalam Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8).Di ruang utama masjid ada dua monitor besar karena dindingnya dibuat berlubang dan tidak dihiasi kaligrafinya. Dinding ini akan menjadi semacam monitor raksasa. (FOTO : Prayogi/Republika)

Pekerja menata karpet di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8). Masjid Ini selesai dibangun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978 (FOTO : Prayogi/Republika)

Suasana tempat wudhu Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8). R (FOTO : Prayogi/Republika)

Suasana dalam Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8). Renovasi Masjid Istiqlal untuk pertama kalinya sejak 42 tahun lalu dimulai pada Mei 2019 dan telah rampung 100 persen serta siap untuk diresmikan. (FOTO : Prayogi/Republika)

Suasana halaman Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (27/8/2020). Masjid Istiqlal juga dilengkapi dengan basement yang luas sekali. Lokasinya berada di antara Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal. Jadi basement itu dikelola secara profesional. Jamaah dari Gereja Katedral pada hari-hari tertentu bisa menggunakan basementnya. (FOTO : ANTARA/Nova Wahyudi)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Usai direnovasi selama hampir satu tahun, Masjid Istiqlal Jakarta siap diresmikan kembali.

Selain direnovasi, organisasi pengelola masjid pun tidak lagi berada di bawah Kementerian Agama RI. Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) awalnya ada di bawah Kementerian Agama (Kemenag). Kini statusnya menjadi badan yang berada langsung di bawah presiden Indonesia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada presiden Indonesia yang baru saja meningkatkan status Masjid Istiqlal dari yang tadinya berada di bawah Kementerian Agama menjadi sebuah badan tersendiri langsung di bawah presiden," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar saat konferensi pers peluncuran E-Istiqlal di Masjid Istiqlal, Kamis (27/8).

Kiai Nasaruddin menyampaikan, melalui keputusan presiden (keppres) dan peraturan presiden (perpres) kini posisi imam besar Masjid Istiqlal langsung berada di bawah presiden atau surat keputusannya langsung dari presiden. Ia menyampaikan, presiden juga langsung menyetujui dan memberikan renovasi total Masjid Istiqlal.

 

Jadi inilah renovasi yang paling pertama semenjak Masjid Istiqlal dibangun. Masjid Istiqlal dibangun pada 24 Agustus 1961 yang awal pembangunannya diresmikan oleh Presiden Soekarno. Kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement