Kamis 27 Aug 2020 21:28 WIB

Kampung Hijau Gaungkan Budaya Berkebun

Warga diedukasi mengenai pemanfaatan barang-barang rumah tangga sebagai media tanam.

 Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan mengajak masyarakat untuk berdaya di bidang pertanian melalui produk sayuran segar hasil kebun sendiri
Foto: Dok Dompet Dhuafa.
Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan mengajak masyarakat untuk berdaya di bidang pertanian melalui produk sayuran segar hasil kebun sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan mengajak masyarakat untuk berdaya di bidang pertanian melalui produk sayuran segar hasil kebun sendiri melalui program Kampung Hijau Pertamina. 

Program Kampung Hijau Pertamina merupakan program CSR binaan Pertamina bersama Dompet Dhuafa Pendidikan dalam menanamkan budaya berkebun di area rumah dengan memanfaatkan ketersediaan lahan dan pot. Kampung Hijau Pertamina berkomitmen membersamai masyarakat meningkatkan kemandirian dan perekonomian daerahnya. 

Baca Juga

Komitmen ini dibuktikan dengan kegiatan penanaman bibit sayuran dan pembangunan rumah tanam yang diikuti puluhan warga Akehuda dibantu Kelompok Tani Wanita Marimoi dan mahasiswa Universitas Khairun Maluku.

Guna memaksimalkan potensi olah lahan Kampung Hijau Pertamina telah menyiapkan tiga hal antara lain memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM), kesiapan sarana, dan kesiapan fasilitas di daerah pemberdayaan. 

Selain itu warga juga diedukasi mengenai pemanfaatan barang-barang rumah tangga sebagai media tanam, langkah-langkah awal cara bertanam, pemilihan bibit terbaik untuk mendapatkan hasil panen layak jual, dan pelatihan pengenalan bibit, pupuk, obat-obatan pertanian.

Dengan adanya Kampung Hijau Pertamina diharapkan masyarakat Kelurahan Tubo, Tafure, dan Akehuda, Kota Ternate, Maluku Utara mampu mengembangkan potensi olah lahan daerahnya dan bisa menyebarkan kebermanfaatan lebih luas lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement