Kamis 27 Aug 2020 16:08 WIB

Cara Tepat Bersihkan Face Shield

Jangan gunakan cairan pembersih jendela untuk membersihkan face shield.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Face shield (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Face shield (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CLEVELAND -- Face shield menjadi item yang banyak digunakan pada masa pandemi Covid-19. Sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana cara menggunakan  face shield yang benar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan dan membersihkan face shield seperti dilansir di Cleveland Clinic, Kamis (27/8).

1. Menggunakan face shield

Face shield merupakan alat yang cukup mudah untuk digunakan. Cukup posisikan bagian panel face shield di sekitar wajah dan lingkarkan bagian tali karetnya di kepala.

Untuk mendapatkan perlindungan yang baik, bagian panel face shield harus memanjang hingga melewati area dagu. Panel yang terbuat dari plastik atau plexiglas ini juga harus melengkung hingga ke bagian sisi-sisi wajah. Pastikan face shield memiliki desain yang tepat. Tak boleh ada ruang terbuka antara kening dan face shield ketika digunakan.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) tidak merekomendasikan penggunaan face shield dalam aktivitas sehari-hari. Face shield juga tidak boleh dianggap sebagai alternatif pengganti masker. Face shield harus digunakan bersamaan dengan masker.

2. Lama penggunaan face shield

CDC merekomendasikan disposable face shield untuk digunakan satu kali saja. Akan tetapi, non-disposable face shield bisa digunakan berulang kali selama alat pelindung tersebut tidak mengalami kerusakan.

Jangan coba untuk memperbaiki face shield yang sudah rusak. Buang face shield yang sudah rusak dan gunakan face shield baru dalam kondisi baik sebagai gantinya.

3. Cara membersihkan face shield di rumah

Face shield yang digunakan secara pribadi untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 perlu dibersihkan dengan baik. Untuk membersihkannya, rendam bagian panel face shield ke dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan sabun.

Setelah itu, gosok area permukaan panel dengan spons lembut atau kain. Bilas dan keringkan face shield dengan handuk lembut yang terbuat dari katun. Bagian headpiece dari face shield bisa dibersihkan secara terpisah.

Tisu basah antibakteri juga bisa digunakan untuk membersihkan face shield. Akan tetapi, tisu basah dapat meninggalkan residu. Alternatif lainnya adalah mengunakan tisu dan isopropil alkohol 70 persen.

Jangan gunakan cairan pembersih jendela atau pembersih rumah untuk membersihkan face shield. Cairan pembersih yang kuat dapat merusak face shield.

4. Cara membersihkan face shield di lingkungan layanan kesehatan

CDC merekomendasikan agar face shield dibersihkan sesuai dengan instruksi dari pabrik pembuat face shield. Bila instruksi tak tersedia, ada lima langkah pembersihan face shield di lingkungan layanan kesehatan yang bisa dilakukan.

Langkah pertama, gunakan sarung tangan terlebih dahulu. Gunakan kain bersih yang sudah direndam dalam cairan deterjen netral atau tisu pembersih. Secara hati-hati, bersihkan bagian dalam dan luar face shield.

Langkah kedua, gunakan kain bersih atau lap yang direndam dalam cairan disinfektan sesuai standar rumah sakit untuk membersihkan bagian luar face shield. Langkah ketiga, bersihkan bagian luar face shield dengan handuk dan air atau alkohol untuk menghilangkan residu.

Langkah keempat, keringkan face shield di udara atau gunakan handuk bersih yang menyerap air. Langkah kelima, lepaskan sarung tangan dan bersihkan tangan sesuai protokol kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement