Kamis 27 Aug 2020 16:03 WIB

Ini Daftar Petinju yang Mampu Kalahkan Mike Tyson

Mike Tyson kembali menarik perhatian jelang kembali ke ring tinju vs Roy Jones Jr.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Mike Tyson
Foto: EPA/Gerry Penny
Mike Tyson

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Mike Tyson kembali menarik perhatian jelang kembali ke ring tinju. Tyson memamerkan fisiknya yang luar biasa meski sudah menginjak 54 tahun.

Tyson akan melawan Roy Jones Jr pada 28 November 2020 mendatang dalam pertandingan kelas berat delapan ronde. Ia pun mengingkan laga ini menjadi miliknya secara utuh meski sudah 15 tahun absen di ring.

Namun siapa sangka Tyson yang selalu membanggakan 50 kemenangannya di kelas berat pernah kalah dalam laga. Dilansir dari laman Talksports, Kamis (27/8), ada enam laga yang berakhir dengan kekalahan Tyson.

- Buster Douglas, Tokyo, Jepang pada 11 Februari 1990

Laga ini bisa jadi laga yang tidak pernah dilupakan, bahkan bisa disebut sebagai kekecewaan terbesar dalam sejarah tinju. Douglas mengejutkan dunia ketika dia mengalahkan Tyson di ronde ke epuluh.

Douglas memutus rekor tidak terkalahan Tyson. Namun kekalahannya dipicu karena adanya masalah pribadi yang mengganggu latihannya. Namun terlepas dari itu, Douglas memang tampil luar biasa.

- Evander Holyfield, MGM Grand, Las Vegas, pada 9 November 1996

Setelah kekalahannya dari Douglas, Tyson kembali membangun kariernya dengan mencatatkan tujuh kemenangan beruntun dan mendapatkan dua sabuk juara. Hingga akhirnya Tyson bertemu dengan Holyfield yang membuat cerita kariernya kembali berbeda.

Pertarungan sengit terjadi hingga akhirnya Tyson kalah di ronde-11 dan mencatatkan nama Holyfield sebagai salah satu kemenangan terbaik tinju kelas berat.

- Evander Holyfield, MGM Grand, Las Vegas pada 28 Juni 1997

Pertandingan ulang ini dijuluki The Sound and The Fury yang dipenuhi dengan kontroversi. Setelah kalah di ronde awal, Tyson menepi karena sundulan yang tampaknya sengaja dilakukan Holyfield.

Ini membuat marah Tyson dengan membalas serangan yang ganas di ronde ketiga. Keduanya pun terjebak setelah Tyson terus menggigit telinga saingannya. Holyfield harus berteriak dan melompat mundur agar Tyson berhenti menggigit telinganya. Perkelahian massal terjadi dan Tyson didiskualifikasi. Dia kehilangan lisensi tinju, didenda tiga juta dolar AS dan harus menjalani masa pelayanan masyarakat.

- Lennox Lewis, The Pyramid, Memphis pada 8 Juni 2002

Tyson kembali mendapatkan lisensi tinjunya di usia 35 tahun. Tyson pun kembali ke ring dan melawan juara kelas berat, Lewis. Pertarungan berlangsung dengan menarik. Namun di ronde delapan, Lewis melakukan umpan silang ke kanan yang membentur Tyson dan mengakhiri laga.

- Danny Williams, Freedom Hall, Kentucky, pada 30 Juli 2004

Tyson melawan Williams setelah absen selama 17 bulan. Dengan tato di wajahnya, Tyson memberikan pertarungan yang baik, meski diawali dengan cedera lutut ligamen di akhir ronde pertama. Williams kemudian menambah tekanan sebelum menghentikan Tyson di ronde keempat.

- Kevin McBride, MCI Center, Washington pada 11 Juni 2005

Pertarungan terakhir karier Tyson terjadi melawan petinju Irlandia, Kevin McBride. Tyson terlihat gelisah sepanjang pertarungan, mencoba mematahkan lengan McBride pada satu titik.

Ketika unggul dua poin pada kartu skor juri, Tyson berhenti dari bangku sebelum ronde ketujuh dimulai dan dengan demikian karier termasyhurnya selesai.

Tyson kemudian mengungkapkan bahwa dia mengambil pertarungan McBride untuk mendapatkan bayaran dan pensiun tak lama setelah mengatakan hasratnya untuk olahraga telah hilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement