Kamis 27 Aug 2020 15:39 WIB

Wapres Minta Produksi Vaksin Covid-19 Dipercepat

Saat ini vaksin menjadi harapan satu-satunya upaya efektif penanggulangan Covid-19.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Wakil Presiden Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta produksi vaksin Covid-19 bisa dilakukan dengan cepat. Ma'ruf mengatakan, saat ini vaksin menjadi harapan satu-satunya upaya efektif penanggulangan Covid-19.

"Saya kira satu-satunya jalan yang kita harapkan untuk mencegah itu ya adalah vaksin. Karena itu, kita berharap, proses produksinya bisa cepat dilakukan," ujar Ma'ruf saat bertemu dengan Direktur Utama PT Bio Farma dan jajaran melalui video conference, Kamis (27/8).

Baca Juga

Sebab, Ma'ruf mengatakan, upaya penanggulangan Covid-19 lainnya masih belum efektif dalam mencegah penularan virus yang berawal dari Wuhan, China tersebut. "Upaya-upaya protokol kesehatan, melalui upaya-upaya penanggulangan yang lainnya masih belum efektif, ternyata untuk penyembuhan sudah mulai baik. Tapi penularan masih cukup tinggi," ujar Ma'ruf.

Karena itu, ia berharap sebagaimana permintaan Presiden Joko Widodo beberapa saat lalu agar produksi vaksin bisa dilakukan dengan cepat. "Saya berharap terutama dalam produk vaksin, saya minta seperti yang diminta oleh Presiden, supaya lebih cepat karena situasi memang sangat membutuhkan," ungkap Ma'ruf.

Namun demikian, Ma'ruf mengingatkan agar dalam proses memproduksi vaksin Covid-19, diikuti dengan proses sertifikasi halal. Sebab, saat ini di Indonesia, semua produk termasuk produk farmasi wajib bersertifikat halal.

"Disamping juga untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat karena mayoritas masyarakat di Indonesia adalah umat Islam," kata Ketua Umum MUI Pusat nonaktif itu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement