Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Contagion Bikin Kate Winslet Sigap Hadapi Pandemi

Kamis 27 Aug 2020 14:03 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Pemeran ahli epidemiologi dalam film Contagion, Kate Winslet.

Pemeran ahli epidemiologi dalam film Contagion, Kate Winslet.

Foto: P Photo/Alastair Grant
Kate Winslet berperan sebagai ahli epidemiologi dalam film Contagion.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Kate Winslet berperan sebagai ahli epidemiologi di film Contagion. Dalam film yang tayang pada 2011 itu, Winslet melindungi diri dari ancaman virus dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk selalu memakai masker.

Di kehidupan nyata, ketika awal pandemi, Winslet pun mempraktikkan hal serupa. Akan tetapi, hal itu belum lazim di masyarakat. 

“Orang-orang mengira saya gila karena saya memakai masker selama berminggu-minggu ketika keluar rumah, menyeka semuanya dengan alkohol isopropil saat pergi ke toko bahan makanan, serta memakai sarung tangan,” katanya merujuk pada hari-hari awal pandemi dalam film, dilansir laman People, Kamis (27/8).

Cerita dalam film itu seolah menjadi kenyataan ketika virus SARS-CoV-2 menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia. Orang-orang pun ramai berburu masker.

Winslet sedang syuting di Philadelphia ketika pandemi melanda. Aktris yang akan tampil dalam film Ammonite itu mengaku menjadi sangat waspada ketika virus corona mulai menyebar di China dan Eropa.

Dalam film, Winselt bergabung dengan ahli epidemiologi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat untuk meneliti tentang penularan virus. Dia mengatakan, ada dua teman dekat yang secara langsung terinfeksi virus dengan gejala sesak napas, lesu, dan tidak enak badan.

"Salah satunya tinggal di Los Angeles dan sangat beruntung bisa menjalani uji coba menggunakan plasma konvalesen dan ia membaik dalam waktu sekitar 72 jam setelah perawatan," kata bintang Titanic itu.

Baca Juga

Sementara itu, satu orang teman lainnya, menurut Winslet, dirawat di rumah sakit selama 11 pekan akibat Covid-19. Meski sudah kembali ke rumah, temannya tersebut masih sangat tak berdaya.

Pada akhir Maret, Winslet dan lawan mainnya, yakni Matt Damon, Jennifer Ehle, dan Laurence Fishburn, berkumpul untuk melakukan reuni digital. Mereka juga membahas tentang Covid-19.

"Dalam film, saya berperan sebagai ahli epidemiologi yang mencoba menghentikan penyebaran virus hipotetis," kata Winslet yang kini berusia 44 tahun.

Untuk mempersiapkan peran tersebut, Winslet menghabiskan waktu dengan beberapa profesional kesehatan masyarakat terbaik di dunia. Salah satu hal terpenting yang mereka ajarkan adalah cuci tangan, seolah-olah hidup sangat bergantung pada hal itu.

“Jadi jika Anda merasa kewalahan, sedikit tidak berdaya saat ini, inilah sesuatu yang dapat kita lakukan untuk membuat perbedaan. Dan itu tidak membutuhkan gelar medis, atau mikroskop, atau banyak pengetahuan," tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA