Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

BP Tapera Siapkan Aplikasi Mudahkan Peserta

Rabu 26 Aug 2020 15:38 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha

Foto udara perumahan di Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (6/10). Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) ditargetkan bisa mulai beroperasi pada 2020 mendatang.

Foto udara perumahan di Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (6/10). Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) ditargetkan bisa mulai beroperasi pada 2020 mendatang.

Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
BP Tapera saat ini masih menunggu likuidasi aset dari Bapertarum-PNS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) saat ini masih menunggu likuidasi aset dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS). Sambil menunggu dana awal tersebut dipindahkan, Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan saat ini juga tengah menyiapkan aplikasi yang dapat memudahkan peserta.

Adi mengatakan, aplikasi dan kesiapan informasi dan teknologi (IT) merupakan salah satu dari infrastruktur BP tapera yang perlu disiapkan sebelum beroperasi penuh pada 2021. "Kita mengintegrasikan model operasinya," kata Adi dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (26/8).

Adi mengharapkan kesiapan tersebut juga pada akhirnya dapat memudahkan para milenial yang ingin memiliki rumah pertama. Dia mengharapkan, kemudahan berbasis digital nantinya bisa menarik milenial yang menurutnya hingga saat ini belum banyak ingin memiliki rumah.

Sebab, nantinya yang akan menjadi peserta BP tapera tidak hanya ASN, Polri, namun masyarakat umum hingga pekerja informal dapat menjadi peserta secara bertahap. Termasuk juga para milenial yang ingin menabung untuk memiliki pembiayaan rumah.

Adi menuturkan jika para milenial minimal memiliki gaji Rp 5 juta dan menabung setiap bulannya Rp 150 ribu memungkinkan untuk mendapatkan pembiayaan kepemilikan rumah dengan bunga murah di BP tapera. "Satu tahun bisa Rp 1,8 juta. Kalau di BP Tapera itu eligible mendapatkan pembiayaan bunga murah 5 persen asal setiap bulan rutin nabung," ujar Adi.

Dia memastikan BP Tapera akan mengupayakan kemudahan bagi para peserta. Termasuk melalui aplikasi dan bisa melayani pendaftaran, membuka tabungan, simulasi, hingga melihat limit tabungan. Bahkan, Adi menyebutkan dalam satu aplikasi juga sekaligus dapat memilih rumah yang diinginkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA