Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Ilmuwan Selidiki Jejak Kaki Dinosaurus di Wales

Rabu 26 Aug 2020 13:44 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

ilustrasi dinosaurus.

ilustrasi dinosaurus.

Foto: mirror.co.uk
Tim Natural History Museum menyelidiki jejak kaki yang diguga milik dinosaurus.

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF — Jejak kaki yang diduga merupakan bagian dari penemuan dinosaurus terbaru di Wales saat ini sedan diselidiki oleh tim peneliti dari Museum Sejarah  Alam (Natural History Museum). Sebelumnya, dilaporkan jejak kaki tersebut terlihat di atas batu di sebuah pantai di wilayah Penarth, Vale of Glamorgan.

Penemuan prasejarah telah digali di bagian garis pantai yang sama. Salah satunya adalah fosil dinosaurus yang diyakini sebagai kerabat juh Tyrannosaurus rex pada 2014. Jika dikonfirmasi, para peneliti mengatakan penemuan itu akan benar-benar menarik.

Sidik jari tersebut tertanam di bagian batuan yang sebelumnya diduga berisi jejak fosil makhluk prasejarah lainnya. Menurut ahli paleontologi Cindy Howells, dari Museum Nasional Wales, jika dikonfirmasi, penemuan terbaru ini akan menjadi jejak dinosaurus ketiga di Wales dan dorongan besar untuk warisan arkeologi daerah itu.

"Jika ini memang jejak kaki dinosaurus, itu akan sangat, sangat menarik. Ini kelihatannya lebih meyakinkan sebagai jejak kaki dinosaurus,” ujar Howells, dilansir BBC, Rabu (26/8).

Proses untuk memastikan asal dinosaurus akan berpusat pada beberapa faktor peneliti dari museum, termasuk keteraturan, pola langkah dan wilayah geologis tempat hewan purba ini ditemukan. Tetapi, salah satu indikator kunci yang mungkin menunjukkan keaslian cetakan adalah pola yang disebut sebagai 'tanda pemadaman'.

"Jika Anda tidak dapat melihat bentuk tertentu, sering kali Anda akan mencari fitur lain, seperti fakta bahwa Anda mendapatkan satu atau dua jejak kaki dalam pola kiri-kanan," jelas Howells.

Howells mengatakan jika mencari ukuran dan bentuk lubang,maka apa yang akan terlihat adalah sesuatu seperti pelek bundar yang disebut sebagai tanda squelch. Ini adalah saat hewan itu menginjak kakinya tanah liat, ke dalam lumpur, lumpur berguling di sekitar kaki.

"Sangat jarang menemukan jejak kaki baru,” kata Howells menambahkan.

Meski demikian, mengungkap bukti kehidupan prasejarah di sekitar tebing Vale of Glamorgan belum tentu mengejutkan. Area serupa dengan jejak kaki dinosaurus telah diverifikasi lebih jauh di pesisir, dekat Barry dan Porthcawl.

Pada 2014, komunitas pemburu fosil Wales disuguhi dengan penemuan kerangka theropoda pertama Wales di Lavernock Point oleh saudara Nick dan Rob Hanigan. Menurut ahli geologi John Nudd, dari Universitas Manchester, ini adalah daerah yang siap untuk penemuan lebih lanjut, karena prevalensi tebing yang terkikis dari periode Jurassic yang kaya fosil.

"Di mana pun di pantai ini, Anda pasti akan menemukan potongan-potongan batu Jurassic dan Anda pasti akan menemukan fosil. Setiap bagian yang Anda lihat hampir memiliki potongan-potongan fosil,” ujar Nudd.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA