Rabu 26 Aug 2020 12:48 WIB

Fakta-Fakta Unik Galaksi Bima Sakti

Banyak hal-hal yang belum diketahui sampai sekarang mengenai galaksi Bima Sakti.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
  Hasil simulasi komputer tentang pembentukan galaksi-galaksi kerdil di sekitar Bima Sakti.
Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA -- Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang galaksi tempat Anda tinggal, Bima Sakti? Galaksi kita adalah tempat menakjubkan yang penuh dengan bintang, supernova, nebula, energi, dan materi gelap, tetapi banyak aspeknya tetap misterius, bahkan bagi para ilmuwan.

Berikut beberapa fakta yang mencerahkan tentang Bima Sakti (Milky Way) seperti dilansir dari Live Science:

Tidak Diketahui Berapa Jumlah Bintang di Bima Sakti

Menghitung bintang adalah urusan yang membosankan, bahkan para astronom memperdebatkan cara terbaik untuk melakukannya. Teleskop mereka hanya melihat bintang paling terang di galaksi kita. Banyak bintang tersembunyi dengan mengaburkan gas dan debu.

Salah satu teknik untuk memperkirakan populasi bintang di Bima Sakti adalah dengan melihat seberapa cepat bintang-bintang mengorbit di dalamnya. Ini memberikan indikasi tarikan gravitasi, dan juga massa, galaksi tersebut.

Tetapi seperti yang dikatakan David Kornreich, astronom di Ithaca College di New York, angka-angka ini adalah perkiraan. Ukuran bintang sangat bervariasi, dan banyak asumsi yang digunakan untuk memperkirakan jumlah bintang yang berada di Bima Sakti.

Satelit Gaia Badan Antariksa Eropa telah memetakan lokasi 1 miliar bintang di galaksi kita. Para ilmuwannya yakin ini mewakili 1 persen dari total, jadi mungkin Bima Sakti berisi sekitar 100 miliar bintang.

Tidak ada yang tahu berapa berat Bima Sakti

Pada catatan terkait, para astronom masih belum yakin pasti berapa berat galaksi kita, dengan perkiraan berkisar antara 700 miliar hingga 2 triliun kali massa matahari kita. Mendapatkan pemahaman yang lebih baik bukanlah tugas yang mudah.

Tidak ada yang tahu berapa berat Bima Sakti, sebagian besar massa Bima Sakti atau mungkin 85 persen dalam bentuk materi gelap, yang tidak mengeluarkan cahaya sehingga tidak mungkin untuk diamati secara langsung.

Studi terbaru melihat seberapa kuat massa galaksi kita yang sangat besar secara gravitasi menarik galaksi yang lebih kecil yang mengorbitnya. Studi memperbarui perkiraan massa Bima Sakti menjadi 960 miliar kali massa matahari.