Rabu 26 Aug 2020 12:10 WIB

Dibuka Lagi, Waktu di Bioskop Cuma Boleh 2 Jam

Bioskop diperbolehkan buka dua jam per hari.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Gedung bioskop
Gedung bioskop

VIVA – Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito menyampaikan kajian yang dilakukan untuk pembukaan kembali bioskop. Ia mengatakan yang pertama kali harus dilihat adalah fasilitas pendukung yang ada di dalam gedung bioskop. 

Selain itu, Wiku meminta agar pembukaan kembali bioskop diperhitungkan dengan saat matang terutama waktu pembukaannya. Ia juga menyampaikan dalam pembukaan bioskop harus ada bagian yang diprioritaskan. 

"Prioritasnya baik prioritas sektor maupun prioritas dalam kontesnya adalah fasilitas yang mana yang dibuka tentunya semuanya dilakukan dengan proses simulasi dan penyiapan yang matang dan selalu berkoordinasi," kata Wiku dalam konferensi pers di YouTube BNPB, Rabu, 26 Agustus 2020.

Wiku menyampaikan dari hasil kajian tim pakar terkait kemungkinan bioskop dibuka kembali ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. 

Baca juga: Akhir Agustus, 3 Zodiak Ini Banyak Kebahagiaan dan Keberuntungan

"Antrean masuk dan keluar dari fasilitas bioskop atas nama tersebut dijaga dengan ketat dengan menjaga jarak yang baik paling tidak satu setengah meter sehingga tidak terjadi kontak antara pengunjung," katanya. 

Lalu setiap karyawan bioskop harus mengikuti pelatihan sehingga protokol kesehatan bisa dijalankan dengan ketat dan tertib. Mengingat adanya risiko yang cukup besar untuk itu juga dilakukan pembatasan usia. 

"Kami sarankan yang datang adalah masyarakat dengan usia di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun dan tidak memiliki penyakit penyerta lainnya seperti penyakit jantung, kencing manis, penyakit paru, penyakit ginjal, dan penyakit imunitas lainnya. Selain itu harus dalam kondisi sehat tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat celcius, sakit tenggorokan pilek atau flu, bersin dan sesak napas dan ini harus dijalankan dengan protokol yang ketat," tutur dia.

Wiku juga mengingatkan untuk tidak makan dan minum selama berada di dalam gedung bioskop. Sehingga penggunaan masker bisa dilakukan sejak awal hingga akhir. 

"Tentunya pembatasan waktu di dalam ruangan bioskop cinema dijaga tidak lebih dari 2 jam dan jarak antara kursi juga dilakukan dengan baik sehingga berjarak sehingga tidak terjadi kontak antara pengunjung begitu juga tidak ada kontak dengan para petugas yang bertugas," katanya. 

Dalam pembukaan bioskop pengamatan secara langsung terhadap kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan tentunya harus dilakukan dengan ketat oleh para petugas. Meski telah diatur dan disampaikan akan dibuka kembali. Namun belum ada tanggal pasti kapan bioskop akan benar-benar dibuka kembali. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement