Rabu 26 Aug 2020 07:00 WIB

Kemendikbud: Pembelajaran Harus Bermakna

Pembelajaran bermakna biasanya dikaitkan dengan kondisi yang ada di sekitar anak.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Para siswa jenjang SD hingga SMP di lingkungan Kobongan, Kelurahan/ Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang mengikuti kegiatan bimbingan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari para relawan Komunitas k’Ngen, di gudang sederhana yang ada di lingkungan mereka (ilustrasi)
Foto: Republika/bowo pribadi
Para siswa jenjang SD hingga SMP di lingkungan Kobongan, Kelurahan/ Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang mengikuti kegiatan bimbingan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari para relawan Komunitas k’Ngen, di gudang sederhana yang ada di lingkungan mereka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selalu mendorong agar guru mengajarkan pembelajaran bermakna kepada muridnya selama pandemi Covid-19. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril menjelaskan, bermakna yang dimaksud yakni sesuai dengan konteks yang sedang dihadapi.

"Bermakna kepada siswa artinya dalam konteks murid-murid yang ada. Jadi kalau dalam masa pandemi ini, pembelajaran yang bermakna itu biasanya kita kaitkan dengan kondisi yang ada di sekitar anak pada saat ini," kata Iwan, dalam sebuah diskusi radio, dipantau di Jakarta, Selasa (25/8).

Baca Juga

Ia menyontohkan, sebuah rancangan pembelajaran yang dibuat oleh guru. Satu mata pelajaran bisa menjadi multisubjek, misalnya dalam kegiatan memasak. "Jadi bagaimana seperempat itu berapa, 250 gram, resepnya begitu. Baru kemudian literasinya. Bagaimana membuat sebuah resep kemudian di-share kepada yang lain sehingga komunikasi juga baik dan karakter dengan bekerja barengan," kata Iwan menambahkan.

Selain itu, bermakna juga dapat diartikan sesuai dengan ketertarikan anak. Ia menyontohkan dalam pembelajaran yang sifatnya literasi, anak bisa diminta untuk menulis hal dari sesuatu yang dialaminya selama pandemi.

Iwan mengatakan, kebermaknaan dalam pelajaran ini memiliki berbagai dimensi. Namun, yang diutamakan adalah bagaimana kegiatan belajar bisa mendorong keingintahuan anak sehingga dapat terinternalisasi kepada anak dengan baik.

"Jadi kalau pembelajaran itu malah mematikan rasa ingin tahu, bagi saya itu tidak. Kalau yang bermakna itu pasti kemudian menimbulkan keingintahuan untuk tahu lebih," kata dia lagi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement