Rabu 26 Aug 2020 02:53 WIB

Cerita Van Gaal dan 10 Pemain Buruannya Selama di MU

Tak satupun yang mampu didatangkan oleh manajemen MU.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Louis Van Gaal saat menjadi pelatih Manchester United,
Foto: AP Photo/Jon Super
Louis Van Gaal saat menjadi pelatih Manchester United,

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Selama menekuni karier kepelatihan, Louis van Gaal pernah menangani Manchester United. Itu terjadi pada 2014 hingga 2016. Kini ia berkesempatan menceritakan sedikit kisahnya di MU. 

Ia menginginkan sejumlah nama besar yang akhirnya gagal dibawa ke Old Trafford. Pertama ada Robert Lewandowski. Ia paham sulit mendatangkan penyerang Bayern Muenchen itu. Sebagai gantinya, ia meminta manajemen menggaet Gonzalo Higuain. Pada akhirnya Higuain tetap bersama Napoli. 

"Sebelum saya tiba, saya juga berbicara dengan Dewan Direksi, tentang Neymar. Jika anda berada di United, anda harus berpikir besar. Dia juga bisa mendatangkan keuntungan untuk klub dalam hal penjualan jersey," ujar Van Gaal dalam wawancara dengan Four Four Two, dikutip dari Daily Mirror, Selasa (25/8). 

Selanjutnya arsitek asal Belanda ini menginginkan winger yang cepat. Ia berusaha mendatangkan Sadio Mane dan Riyad Mahrez. 

"Thomas Muller juga ada dalam daftar keinginan saya, dan di lini tengah saya menginginkan N'Golo Kante. Saya bahkan mencoba merekrut James Milner, yang sudah cukup tua tetapi multifungsi serta memiliki jiwa kepemimpinan," ujar Van Gaal. 

Di lini belakang ia meminta MU mendatangkan dua nama berkelas. Mereka adalah Sergio Ramos, dan Mats Hummels. 

"Demikian beberapa target utama saya. Kami tidak mendapatkan satu pun dari mereka. Sebagai pelatih, saya tidak terlibat dalam negosiasi apa pun," tutur Van Gaal.

Setelahnya ia tetap memantau perkembangan di pasar. Ketika ia keluar dari United, Mahrez merapat ke Manchester City. Kemudian Kante menuju Chelsea. Van Gaal merasa aneh melihat kenyataan tersebut. 

Para rival yang tidak lebih besar dari Iblis Merah, bisa bermanuver secara tepat dalam mendatangkan pemain buruan. 

Kendati demikian, tidak semua permintaannya gagal terealisasi. Selama berkarier di Old Trafford, Van Gaal menggaet Ander Herrera, Luke Shaw, dan Marcos Rojo. Ia juga merekrut Angel di Maria dengan harga 59,7 juta poundsterling, dari Real Madrid. 

Saat itu penandatanganan Di Maria menjadi pembelian termahal yang dilakukan klub Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement