Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Valentino Rossi Terkesan dengan Performa Tim Suzuki

Selasa 25 Aug 2020 19:46 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pembalap tim Yamaha Valentino Rossi.

Pembalap tim Yamaha Valentino Rossi.

Foto: AP/Petr David Josek
Suzuki memiliki akselerasi yang lebih baik dan mesin yang lebih cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, SPIELBERG -- Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengakui, karakteristik Sirkuit Red Bull Ring, menjadi salah satu alasan timnya tak bisa tampil kompetitif di dua seri terakhir MotoGP tersebut. Di sisi lain, pengoleksi tujuh gelar juara MotoGP itu begitu terkesan dengan kecepatan dan performa tim Suzuki, yang diawaki Joan Mir dan Alex Rins.

Dua seri balapan terakhir memang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Di GP Austria, Rossi mampu finis di peringkat kelima, sementara di GP Styria, pembalap asal Italia itu harus puas mengakhiri balapan di peringkat kesembilan. Rossi pun menilai, karakteristik Sirkuit Red Bull Ring, yang didominasi trek lurus, menjadi tantangan tersendiri buat motor YZR-M1 tunggangannya.

''Kami tahu, kami akan kesulitan di sirkuit ini, karena kecepatan tertinggi memainkan peranan penting di sirkuit ini. Perbedaan antara kecepatan tertinggi yang bisa diraih tim ini dengan tim lain cukup besar,'' ujar Rossi seperti dilansir Crash, Selasa (25/8).

Di GP Styria, Rossi sempat mencatatkan kecepatan maksimal mencapai 310,3 kilometer per jam. Sebagai perbandingan, pembalap Ducati Mission Winnows, Andrea Dovizioso, mampu mencatakan kecepatan tertinggi hingga 320,4 kilometer/jam. Kondisi ini, kata Rossi, sama seperti yang dihadapi timnya pada musim lalu saat tampil di Sirkuit Red Bull Ring.

''Di GP Austria, saya mungkin bisa finis di peringkat kelima, tapi itu karena banyaknya insiden di baris terdepan. Situasinya sama seperti musim lalu. Di sirkuit dengan trek-trek lurus, kami cenderung mengalami kesulitan.'' kata pembalap berusia 41 tahun tersebut.

Berbeda dengan tim Monster Energy Yamaha, yang mengalami kesulitan di Sirkuit Red Bull Ring, Suzuki Ecstar justru mampu tampil begitu impresif. Bahkan, di GP Austria, Joan Mir mampu naik podium setelah finis di posisi kedua. Pun di GP Styria. Mir sempat memimpin lomba sebelum balapan mesti dihentikan sementara akibat insiden yang dialami Maverick Vinales.

Sementara Alex Rins juga selalu mampu bersaing dalam perebutan podium di dua GP terakhir tersebut. Rossi pun terkesan dengan performa tim Suzuki Ecstar di Sirkuit Red Bul Ring. Meski motor tim Suzuki, GSX-RR, memiliki konfigurasi silinder mesin yang sama dengan YZR-M1, tapi Suzuki terbukti masih mampu bersaing.

''Suzuki dalam dua balapan terakhir begitu impresif. Mereka memiliki akselerasi yang lebih baik dan mesin yang lebih cepat. Saya sempat berada di belakang Rins, dan terlihat dia bisa melesat begitu cepat setelah melewati tikungan,'' jelas Rossi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA