Selasa 25 Aug 2020 17:59 WIB

Persib Bandung Atur Asupan Makanan Pemain

Sebagai seorang profesional, pemain bisa mengatur sendiri asupan makanannya.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (25/8).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Asupan makanan pemain sepak bola sangat penting untuk bisa bermain baik di lapangan. Nutrisionis Persib Bandung, Gilang Fauzi, turut memberikan edukasi bagi skuat Maung Bandung dalam menjaga kebutuhan asupan makanan.

Gilang menyatakan, sebagai seorang profesional, pemain bisa mengatur sendiri asupan makanannya. Namun demi menjaga kondisi tubuh, maka Gilang melakukan perhitungan jumlah makanan yang masuk.

"Saya berikan dari mulai kalori yang harus masukan ke tubuh berapa, lemak berapa, protein berapa, dan karbohidurat berapa sudah diberikan. Apa saja makanan yang mereka butuhkan berikut dengan kandungannya," kata Gilang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (25/8).

Gilang bertugas untuk memantau asupan dan menghitung berapa body fat skuat Maung Bandung. Beruntung, lanjut dia, pemain bisa mengikuti anjuran itu dengan baik.

"Setelah mereka diedukasi nutrisi yang baik, progress cukup baik sampai saat ini. Body fat menurun, lemak di perut menurun. Tapi memang itu tidak siginifikan karena prosesnya cukup lumayan," tegas Gilang.

Gilang pun memberikan hari Ahad sebagai waktu pemain untuk bisa makan tanpa dilarang alias cheating day. Namun dia tetap meminta pemain untuk tidak berlebihan di hari itu.

"Dari Senin sampai Sabtu mereka jaga pola makan, Ahad boleh cheating day tapi dalam batas wajar. Tubuh mereka terlalu bersih tidak akan ada energi karena lemas, kalau ada lemak ada cadangan sistem energi. Alhamdulillah setelah tiga pekan saya hitung progresnya cukup baik," kata Gilang.

Di sisi lain, pelatih Persib, Robert Rene Alberts sengaja memperhatikan asupan makanan Persib sejak bergabung pada 2019 lalu. Menurutnya, Gilang telah menyiapkan program lengkap untuk apa yang harus dimakan hingga waktu untuk makan.

"Saya pikir secara umum pemain kami disiplin melaksanakan itu. Jika kalian melihat berat badan pemain, mereka cukup stabil menjaganya. Jadi pemain mulai belajar dan memperbaiki kebiasaan di Persib. Karena kami cukup ketat mengawasi apa yang mereka makan," kata Robert menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement