Selasa 25 Aug 2020 17:38 WIB

Menperin: LG Awalnya Lapor Hanya 1 Atau 2 Karyawan Positif

Setelah tes dan tracing, LG Electronics mendapati 238 karyawan positif Covid-19.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku, telah menerima laporan adanya kasus positif Covid-19 di pabrik LG Electronics di kawasan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sejak pekan lalu. Agus mengatakan, tadinya pihak perusahaan melapor hanya ada satu karyawan yang positif.

"Saya telah menerima laporan mengenai hal ini, awalnya memang dari adanya kasus pekan lalu sebanyak satu atau dua karyawan," kata Agus kepada Republika, Selasa (25/8).

Selanjutnya, kata dia, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi melakukan tes massal dan tracing. Hasilnya, ditemukan sebanyak 238 karyawan pabrik LG positif Covid-19. Saat ini, kata Agus, langkah yang dilakukan oleh perusahaan asal Korea Selatan tersebut sudah tepat, yakni menutup pabrik selama dua pekan.

"Untuk kasus LG mereka memutuskan untuk menghentikan produksi selama 14 hari. Sehingga langkah yang mereka lakukan sudah tepat," terang politikus Partai Golkar tersebut.

Agus menuturkan, sesuai dengan protokol kesehatan dalam Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 8, pabrik dapat melakukan langkah-langkah penanganan bila ada pekerja yang terpapar Covid-19. "Karena itu kami mendorong agar industri dapat menerapkan protokol kesehatan yang baik dan terus berkoordinasi dengan gugus tugas setempat," ucap Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement