Selasa 25 Aug 2020 16:49 WIB

Indonesia Ekspor 20 Ton Bawang Goreng ke Malaysia

Pemerintah terus mendorong akses pasar ekspor baru.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Bawang Goreng
Foto: made-in-china.com
Bawang Goreng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melepas ekspor bawang goreng PT Inti Sumber Citra Rasa di Belawan, Sumatera Utara, Selasa (25/8). Sebanyak satu kontainer atau 20 ton bawang tersebut akan dikirim ke Malaysia.

Ia menjelaskan, total bawang merah yang nantinya dieskpor sekitar 100 ton. Hanya saja dilakukan secara bertahap.

Baca Juga

"Jadi nanti total 5 kontainer, hari ini ekspor perdana satu kontainer. Diharapkan kegiatan ini bisa memotivasi para pelaku usaha lain, bahwa bawang merah pun bisa dimaksimalkan dan bisa diekspor dengan konsep terbaik," ujar Agus dalam pelepasan ekspor yang dapat disaksikan secara virtual pada Selasa (25/8).

Kementerian Perdagangan (Kemendag), lanjut dia, terus mendorong ekspor. Di antaranya dengan membuka akses pasar baru serta mempertahankan pasar ekspor yang telah ada.

"Ini demi menjaga neraca perdagangan sekaligus mendorong kinerja ekspor nonmigas nasional dan meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Maka kami apresiasi pelaku usaha yang sudah berinovasi produk untuk diekspor juga menambah nilai standar halal, serta penyesuaian selera konsumen di pasar global," tuturnya.

Agus menjelaskan, ekspor bisa dilakukan jika kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi atau kelebihan suplai. "Cara ini (ekspor) sangat baik dan bisa stabilkan harga bawang merah juga," ujar dia.

Kemendag, tegasnya, terus mempermudah kegiatan ekspor pelaku usaha. Sebab, salah satu manfaat ekspor bernilai tambah yakni menyerap lebih banyak tenaga kerja.

"Semua yang bentuknya ekspor kita permudah. Semoga bisa menjaga stabilitas bahan pokok dan meningkatkan ekspor," kata Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement