Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Berapa Banyak Orang Berbicara Bahasa Arab di Dunia? 

Selasa 25 Aug 2020 16:32 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Bahasa Arab di dunia semakin diminati di sejumlah negara. Seorang santri menulis aksara Arab di sebuah papan bahasa/Ilustrasi

Bahasa Arab di dunia semakin diminati di sejumlah negara. Seorang santri menulis aksara Arab di sebuah papan bahasa/Ilustrasi

Foto: Republika
Bahasa Arab di dunia semakin diminati di sejumlah negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bahasa Arab cukup populer di Timur Tengah dan Afrika Utara. Namun Anda mungkin terkejut dengan banyaknya orang yang berbicara bahasa Arab dari seluruh dunia.

Dilansir dari laman Babbel Selasa (25/8), Bahasa Arab merupakan bagian dari rumpun bahasa Semitik Tengah, yang mencakup bahasa Ibrani, Aram, dan Fenisia. Bahasa tersebut diyakini telah berevolusi dari bahasa Aram lebih dari satu milenium yang lalu di antara suku-suku nomaden Badui di gurun pasir Semenanjung Arab

Baca Juga

Menyusul penaklukan Islam yang dimulai pada abad ke-7, bahasa Arab menyebar jauh dan luas di Afrika Utara, Timur Tengah, dan Asia Tengah dan Barat dan bahkan ke beberapa bagian China. 

Asimilasi penduduk asli dengan budaya, agama, dan bahasa Arab membantu menanam benih bahasa Arab untuk berkembang selama berabad-abad yang akan datang, dan saat ini bahasanya menjadi bahasa pengantar dunia Arab.

Bahasa Arab secara teknis dianggap sebagai bahasa makro yang terdiri dari 30 varietas berbeda. Variasi bahasa Arab ini di satu bagian tertentu dunia Arab belum tentu dapat dipahami bersama dengan varietas dari wilayah geografis lain, misalnya Bahasa Arab lisan di Afrika Utara begitu berbeda dengan bahasa di Teluk Persia.

Semua penutur bahasa Arab memiliki ragam bahasa sehari-hari asli mereka sendiri. Akan tetapi sebagian besar mempelajari bahasa Arab standar modern, yang merupakan ragam plurisentrik universal yang disukai di media, tempat kerja, dan hukum dan merupakan satu-satunya varian yang diajarkan di semua tingkat pendidikan.

Bahasa Arab merupakan keturunan langsung dari Bahasa Arab Klasik, versi yang ditemukan dalam teks sastra dari abad ke-7 hingga ke-9 dan dalam Alquran. Saat ini, bahasa ini bukan bahasa lisan, tetapi masih menjadi bahasa agama di seluruh dunia Arab, dan sebagian besar tata bahasa dan kosa katanya sama dengan bahasa Arab standar modern, meskipun bahasa Arab telah berkembang seiring waktu untuk mencerminkan konteks yang berubah.

Mayoritas penutur bahasa Arab terkonsentrasi di Afrika Utara, Jazirah Arab, dan Timur Tengah, yang dikenal sebagai dunia Arab. Ada 25 negara yang mengklaim bahasa Arab sebagai bahasa resmi atau co-official, di antaranya Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Yordania, Kuwait, Libanon, Libya, Mauritania, Maroko, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Suriah, Tanzania, Tunisia, Uni Emirat Arab dan Yaman.

Kemudian ada enam negara berdaulat di mana bahasa Arab merupakan bahasa nasional atau bahasa minoritas yang diakui, Iran, Turki, Niger, Senegal, Mali, dan Siprus.

Di samping itu, penutur bahasa Arab tersebar di seluruh dunia tempat jutaan migran Arab bermukim selama beberapa generasi terakhir, di tempat-tempat seperti Brasil, Eropa utara dan tengah, Amerika Serikat, dan Asia Tenggara.

Jika menghitung semua ragam bahasa Arab saat ini, ada sekitar 313 juta penutur bahasa Arab di seluruh dunia, menjadikannya bahasa kelima yang paling banyak digunakan secara global setelah Mandarin, Spanyol, Inggris, dan Hindi.

Mesir memegang rekor populasi pengguna bahasa Arab standar modern terbesar dengan sekitar 65 juta orang. Berikutnya Aljazair, yang memiliki sekitar 29 juta. Kemudian Sudan dengan 27 juta, dan mengikuti di belakang dalam daftar yakni Irak, Arab Saudi dan Maroko.

Ada banyak penutur bahasa Arab di tempat lain di dunia seperti di Eropa, dengan hampir empat persen populasi Belgia, sekitar 2,5 persen populasi Prancis, dan hampir 1,5 persen populasi Inggris yang berbicara bahasa Arab sebagai bahasa ibu. 

Amerika Serikat memiliki lebih dari satu juta penutur bahasa Arab di dalam perbatasannya, dan di Brasil, di mana sekelompok migran Arab memilih untuk membuat rumah baru mereka, sehingga dapat ditemukan beberapa juta penutur bahasa Arab.

Bahasa Arab menjadi bahasa dunia yang penting, hal ini karena bahasa Arab adalah bahasa Islam. Jika bepergian ke mana pun di dunia yang mempraktikkan Islam, Anda pasti ingin mengasah kemampuan bahasa Arab, karena tidak diragukan lagi Anda akan menemukannya diucapkan di sekitar lingkungan. Mengetahui bahasa Arab standar modern, akan membantu Anda berkomunikasi dengan ratusan juta penutur di seluruh dunia.

Mengetahui bahasa Arab begitu penting dalam ranah pengembangan bisnis. Terutama di industri energi, konstruksi, teknologi, dan real estat, yang telah memberikan dorongan ekonomi yang besar bagi banyak negara pembangkit tenaga minyak, seperti Arab Saudi yang mengklaim bahasa Arab sebagai bahasa resmi.

Jika Anda dapat berbicara bahasa Arab di lingkungan profesional, kemungkinan besar Anda akan menjadi komoditas unggulan bagi perusahaan, dan organisasi yang menjalankan bisnis. Hal yang sama berlaku untuk karier diplomatik, pemerintahan, dan politik yang membahas dan menangani kebijakan di dunia Arab.

Dalam hal pembelajaran bahasa, Anda akan menemukan banyak hubungan linguistik dengan bahasa lain jika Anda memilih untuk belajar bahasa Arab. Sepanjang evolusinya, bahasa Arab telah memengaruhi banyak bahasa global seperti Spanyol, kira-kira sepertiga kosakatanya berasal dari bahasa Arab.

 

Sumber: https://www.babbel.com/en/magazine/how-many-people-speak-arabic/

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA