Selasa 25 Aug 2020 05:14 WIB

Lantas Libur Panjang Lancar, Pakar Sebut Peran Kakorlantas

Pekan lalu sejumlah libur nasional terselenggara berdekatan.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (kanan) bersama Kabag Ops Korlantas Kombes Pol Rudy A saat meninjau Pos Pengamanan Libur Panjang Tol Japek Km 62 B Karawang
Foto: Dok. Kor
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (kanan) bersama Kabag Ops Korlantas Kombes Pol Rudy A saat meninjau Pos Pengamanan Libur Panjang Tol Japek Km 62 B Karawang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pakar bidang Psikologi Lalu Lintas (traffic psychology) dari Universitas    Indonesia (UU) Prof. Dr. Guritnaningsih P. Santoso berharap Polri dapat menjaga ketertiban lalu lintas (lantas) masyarakat di setiap libur panjang. Seperti yang terjadi pada liburan panjang pekan lalu, ia mengapresiasi sejumlah langkah antisipasi yang diambil oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

"Saya kira komitmen Korlantas untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di jalan raya, serta ketertiban dalam berkendara sudah semakin kuat," ujarnya, Senin (24/8/).

Selain itu, indikator yang mendorong kondisi lalu lintas berjalan dengan lancar juga dikarenakan telah terjalinnya Koordinasi yang baik antar jajaran di institusi Kepolisian yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas tersebut. Hal ini membuat setiap kebijakan-kebijakan selalu kompak dijalankan dengan maksimal.

"Hal itu tentunya terbentuk dengan adanya kebijakan yang secara internal Korlantas disosialisasikan ke jajaran Korlantas di daerah," kata dia.

Guritnaningsih pun menilai bentuk kepemimpinan yang baik dengan memantau secara langsung kondisi lalu lintas telah ditunjukka Kakorlanta. Masih menurut dia, ini telah menularkan semangat kerja yang tinggi kepada petugas yang bekerja siang malam.

"Keterlibatan pimpinan yang ikut terjun ke lapangan saya kira juga pegang (punya) peranan," ujar dia.

Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW) juga memberikan penilaian. “Dalam waktu berdekatan kita ada 3 Libur panjang, Libur Idul Adha, 17 Agustusan dan Tahun Baru Islam, Polri khususnya Korlantas mampu antisipasi dan bersinergi dengn Kemenhub dan Dishub daerah dan membuat arus lalin lancar, ini harus diapresiasi," ujar Varhan Abdul Azis Sekretaris Eksekutif IBSW.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono melakukan patroli memantau ruas tol Jakarta - Cikampek untuk memastikan kelancaran arus balik long weekend Tahun Baru Islam 1442 Hijriah dari luar daerah menuju Jakarta.

Kakorlantas yang saat itu didampingi oleh Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksa , Wadirlantas Polda Jabar AKBP Ahmad Fuady dan Wakapolres Karawang Kompol Faisal Pasaribu menyampaikan bahwa kondisi arus kendaraan menuju Jakarta terpantau lancar.

"Jadi kita lihat di KM 62 ini, ramai lancar. Hanya tinggal 10 persen dan 8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta pada hari Minggu ," kala itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement